“DENPASAR FESTIVAL” MENDUKUNG PARIWISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF KOTA DENPASAR

  • Ni Made Dewiyanti Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • Made Antara Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • Ida Bagus Gde Pujaastawa Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p03

Abstrak

Dalam satu dekade terakhir, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Denpasar Festival (Denfest) setiap tahun pada bulan Desember. Tahun 2016 merupakan pelaksanaan Denfest ke-9 dan sebagaimana biasa dalam hampir seminggu pelaksanaan selalu menarik ribuan pengunjung. Selain untuk mempromosikan produk kreatif Kota Denpasar, festival ini juga untuk promosi Denpasar sebagai destinasi wisata. Artikel ini menganalisis eksistensi Denfest untuk mendukung pariwisata berbasis kreatif kota Denpasar dan sejauh mana partisipasi masyarakat terhadap Denfest. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari observasi dan wawancara. Dengan menggunakan analissi SWOT, ditemukan beberapa kelemahan dan peluang yang dijadikan titik tolak untuk menyusun strategi pelaksanaan Denfest sesuai dengan tujuan yang diharapkan untuk mendukung Denpasar sebagai destinasis wisata berbasis ekonomi kreatif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
##submission.howToCite##
DEWIYANTI, Ni Made; ANTARA, Made; PUJAASTAWA, Ida Bagus Gde. “DENPASAR FESTIVAL” MENDUKUNG PARIWISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF KOTA DENPASAR. JURNAL MASTER PARIWISATA, [S.l.], feb. 2017. ISSN 2502-8022. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/28452>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p03.
Bagian
Articles

Kata Kunci

Denpasar Festival, destinasi wisata, pariwisata berbasis ekonomi kreatif, strategi pengembangan