FAKTOR PENDORONG DAN PENARIK ORANG BALI BERWISATA KE LUAR NEGERI

  • Ni Wayan Ana Pradnya Dewi Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • Made Sudiana Mahendra Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana

Abstract

Berwisata saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat, tak terkecuali orang Bali. Beberapa tahun terakhir tercatat banyak orang Bali yang berlibur, bahkan hingga ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil demografis orang Bali dan negara yang dikunjungi, faktor pendorong dan penarik, menganalisis tingkat motivasi dan perbedaan motivasi orang Bali yang pertama kali dan yang sering berwisata ke luar negeri. Teori Motivasi dan Teori Hirarki Kebutuhan Maslow digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner dengan teknik Quota Sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik Diskriminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang Bali sangat beragam, responden dapat memiliki motivasi lebih dari satu. Faktor pendorong yang paling dominan adalah educational opportunity disamping motif lain seperti relaxation dan play, sedangkan faktor penarik yang dominan adalah cultural factors, diikuti oleh natural environment dan recreation and attraction services. Ditemukan pula adanya perbedaan motivasi di antara orang Bali yang pertama kali dan yang sering melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.
How to Cite
PRADNYA DEWI, Ni Wayan Ana; MAHENDRA, Made Sudiana; WIRANATHA, Anak Agung Putu Agung Suryawan. FAKTOR PENDORONG DAN PENARIK ORANG BALI BERWISATA KE LUAR NEGERI. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], feb. 2017. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/28450>. Date accessed: 18 july 2019. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p01.

Keywords

motivasi berwisata, orang Bali, wisata ke luar negeri, faktor pendorong dan faktor penarik.