PELAYANAN KESEHATAN KOMPREHENSIF (SEHAT FISIK, SEHAT JIWA, & KESELAMATAN KERJA) BAGI PETUGAS WISATA AIR DI PANTAI GIRI EMAS SANGSIT SINGARAJA

  • Ni Putu Emy Darma Yanti Nursing Udayana University

Abstract

Keselamatan berwisata sangat bergantung pada kesiapsiagaan petugas wisatanya. Petugas wisata diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip keselamatan kerja baik bagi dirinya sendiri dan untuk keselamatan wisatawan yang berkunjung. Hal ini memerlukan upaya komprehensif dalam bentuk pelayanan kesehatan seperti skrining kesehatan fisik dan mental bagi petugas wisata, peningkatan pengetahuan dan kepatuhan petugas wisata tentang penerapan keselamatan kerja, serta pelayanan kesehatan bagi petugas wisata dan wisatawan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta teridentifikasinya gambaran kesehatan jiwa sebagai salah satu faktor pendukung implementasi K3 pada petugas wisata air di Wahana Sara Village Pantai Giri Emas Sangsit Singaraja. Kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan yaitu skrining kesehatan jiwa menggunakan Self Reporting Quetionnaire (SRQ) dan penyuluhan kesehatan mengenai K3. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi menggunakan media online selama 120 menit yang diikuti oleh 12 peserta. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang diberikan sebelum dan setelah penyuluhan. Analisis data pengetahuan mengenai K3 menggunakan uji Wolcoxon dengan tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan analisis gambaran kesehatan jiwa peserta pengabdian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi. Hasil kegiatan pengabdian mendapatkan adanya peningkatan pengetahuan peserta pengabdian mengenai K3 setelah diberikan penyuluhan kesehatan. Gambaran skrining kesehatan jiwa pada peserta pengabdian didapatkan seluruhya berada pada kategori positif atau tidak adanya distres psikologis secara umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, S., Anwar, M. R., & Antariksa (2012). Pengembangan kawasan wisata Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol. 6, pp. 168-178.
Kementerian Pariwisata RI. (2015). Rencana Strategis Kementerian Pariwisata Tahun 2015-2019.
Kusuma, S. W. & Suryawan, I. B. (2016). Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja Blawisata di Pantai Kuta. Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol. 4, pp. 31-35.
Meily, K. (2010). Teori dan aplikasi kesehatan kerja. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mindhayani, I. (2019). Penyuluhan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di UD. Barokah Bantul. Jurnal Berdaya Mandiri, Vol. 1, pp. 78-83.
Pulungan, R. M. & Triani, B. (2017). Promosi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang penggunaan alat pelindung diri (APD) di laboratorium pada siswa di SMK Kimia Tunas Harapan Jakarta Timur, Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. 1
Suharto. (2016). Studi tentang keamanan dan keselamatan pengunjung hubungannya dengan citra destinasi (Studi kasus Gembira Loka Zoo). Jurnal Media Wisata, Vol. 14, pp. 287-303.
Swasto, B. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Undang-Undang nomor 10 tahun 2009 tentang Kepriwisataan
Zahra, A. A. & Hidayat, S. (2015). Gambaran tingkat stress kerja antar shift kerja pada petugas pengumpul tol Surabaya. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, Vol. 4, pp. 123-133.
Published
2020-11-20
How to Cite
DARMA YANTI, Ni Putu Emy. PELAYANAN KESEHATAN KOMPREHENSIF (SEHAT FISIK, SEHAT JIWA, & KESELAMATAN KERJA) BAGI PETUGAS WISATA AIR DI PANTAI GIRI EMAS SANGSIT SINGARAJA. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 4, p. 473-477, nov. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/65575>. Date accessed: 25 apr. 2024.