PENDAMPINGAN CARA PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DALAM RANGKA MENINGKATKAN TATA KELOLA USAHA DI DESA ABIANSEMAL – BADUNG

  • I Gusti Ayu Made Asri Dwija Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • Ni Gusti Putu Wirawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • Herkulanus Bambang Suprasto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

Kewirausahaan menjadi pondasi dasar pemerintah dalam membagun masyarakat menuju kesejahteraan. Kemandiriaan dalam berwirausaha sangat didukung oleh pemerintah. Salah satu  upaya pemerintah adalah memberikan dana Kredit Usaha Rakyat pada masyarakat sehingga ekonomi rakyat cepat tumbuh. Dalam menjalankan usaha tersebut perlu adanya pengetahuan dalam mengelola usaha. Salah satunya dalam mengelola usaha perlu ada standar operasional prosedur. Setiap perusahaan bagaimanapun bentuk dan apapun jenisnya, membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap elemen atau unit perusahaan. Sistem ini berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir. Cara pemecahan masalah adalah dengan memberikan pemdampingan cara penyusunan SOP bagi masyarakat pelaku usaha. Kegiatan pelatihan dan pendampingan cara penyusunan SOP dalam rangka meningkatkan tata kelola usaha sangat diminati oleh masyarakat. Kegiatan pelatihan berjalan lancar. Kegiatan seperti ini di sarankan dilaksanakan kembali dalam uapaya meningkatkan kinerja usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
https://id.wikipedia.org/wiki/abiansemal,_abiansemal,_badung
Published
2020-05-20
How to Cite
PUTRI, I Gusti Ayu Made Asri Dwija; WIRAWATI, Ni Gusti Putu; SUPRASTO, Herkulanus Bambang. PENDAMPINGAN CARA PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DALAM RANGKA MENINGKATKAN TATA KELOLA USAHA DI DESA ABIANSEMAL – BADUNG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 225-229, may 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/61145>. Date accessed: 28 nov. 2020.