PENGELOLAAN LABORATORIUM DAN PENGETAHUAN GURU IPA DALAM MEMBUAT MODUL PRAKTIKUM DI SMP TAMAN SASTRA JIMBARAN

  • G. N. Sutapa
  • N. N. Ratini
  • I. M. Yuliara
  • I. G. A. Kasmawan

Abstract

Hasil identifikasi keberadaan tenaga laboratorium IPA di SMP Taman Sastra Jimbaran Kuta Selatan, Badung adalah sekolah swasta yang menunjukkan bahwa umumnya kualifikasi pendidikan tenaga yang ditugaskan di laboratorium IPA belum memenuhi persyaratan standar tenaga laboratorium sekolah. Data yang diperoleh dari interview dengan guru IPA di SMP Taman Sastra Jimbaran, menyatakan bahwa sebagian besar guru IPA masih mengalami masalah untuk melakukan praktikum tentang topik-topik tertentu, tidak semua konsep-konsep IPA eksperimental dapat diajarkan dengan praktikum karena keterbatasan alat-alat dan bahan yang tersedia. Salah satu kendala yang menghambat kelancaran pelaksanaan pembelajaran IPA di laboratorium adalah terbatasnya jumlah dan/atau jenis alat yang tersedia dan belum memiliki petunjuk praktikum yang tersusun secara permanen (dalam bentuk Modul). Hasil pengabdian ini telah mengasilkan beberapa alat praktikum sederhana dan dilengkapi dengan modul praktikum yang telah tersusun dengan baik. Diakhir kegiatan alat praktikum dan modul prkatikum diserahkan kepada SMP Taman Sastra Jimbaran.


.


Kata kunci : Laboratorium, alat praktikum, modul praktikum

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-14
How to Cite
SUTAPA, G. N. et al. PENGELOLAAN LABORATORIUM DAN PENGETAHUAN GURU IPA DALAM MEMBUAT MODUL PRAKTIKUM DI SMP TAMAN SASTRA JIMBARAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 1, feb. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/58454>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2020.v19.i01.p23.