PENDIDIKAN BUDI PAKERTI ANAK USIA DINI MELALUI FILM ANIMASI BERTEMA BUDAYA DAN AGAMA DI SDN 5 PADANGSAMBIAN

  • A.A. K. O. Sudana
  • N.K.A. Wirdiani
  • G.A.A. Putri
  • N.K.D. Rusjayanthi

Abstract

Pendidikan budi pekerti yang merupakan cikal bakal penuntun harmoni dalam kehidupan, harus dilakukan sejak usia dini agar nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung didalamnya benar-benar menjadi bagian dalam kehidupan seseorang. Penanaman budi pekerti pada anak harus dilakukan sedini mungkin, mengingat masa-masa anak di usia dini mudah merekam setiap informasi yang baru dalam otaknya. Kemajuan teknologi komputer, multimedia, internet dan smartphone memberi peluang untuk mengajarkan pendidikan budi pekerti kepada anak usia dini secara interaktif dan menarik, terutama melalui film animasi, game, video pembelajaran dengan topik cerita budaya dan agama. Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diusulkan sebagai rintisan wadah sosialisasi hasil karya di kampus terutama terkait dengan karya bidang teknologi informasi bisa benar-benar diketahui dan bermanfaat untuk masyarakat luas.


Kelurahan Padangsambian merupakan salah satu daerah yang perkembangan demografi kependudukannya sangat bervariasi dan dinamis di Kota Denpasar. Hal ini mempengaruhi model prilaku kehidupan masyarakat termasuk budi pakerti anak. Rintisan awal acara pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di SD Negeri 5 Padangsambian dengan  dengan peserta didik dari warga asli dengan kondisi ekonomi relatif kurang mampu, serta sebagian dari warga pendatang yang kondisi relatif mapan, dianggap cukup mewakili kondisi secara umum variasi model siswa Sekolah Dasar di Wilayah Padangsambian.


 


Kata kunci : teknologi informasi, pendidikan budi pekerti, anak usia dini, film animasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-14
How to Cite
SUDANA, A.A. K. O. et al. PENDIDIKAN BUDI PAKERTI ANAK USIA DINI MELALUI FILM ANIMASI BERTEMA BUDAYA DAN AGAMA DI SDN 5 PADANGSAMBIAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 1, feb. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/58451>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2020.v19.i01.p21.

Most read articles by the same author(s)