PENGEMBANGAN BUDIDAYA LEBAH MADU LOKAL “KELE- KELE” (Trigona Spp) PADA MASYARAKAT PINGGIRAN HUTAN DI KECAMATAN PUPUAN KABUPATEN TABANAN

  • M. Dewantari
  • N.L.G. Sumardani
  • I.G. Suranjaya

Abstract

Kegiatan pengabdian  kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat yang dilakukan di Desa Kebon Padangan, Kecamatan Pupuan,  Kabupaten Tabanan bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat sasaran melalui peningkatan produktivitas dan pemasaran madunya. Metode kegiatan yang diterapkan dalam pemberdayaan masyarakat pada program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat adalah sebagai berikut:(1)Sosialisasi dan koordinasi dengan mitra sasaran (2).Penyuluhan dan pelatihan singkat mengenai teknologi budidaya lebah madu lokal”kele-kele” (Trigona Spp) dan (3) Pendampingan secara berkala dan berkelanjutankepada mitra sasaran hingga iptek yang dialihkan dapat dilaksanakan secara mandiri. Sedangkan pelaksanaan kegiatan alih teknologi budidaya lebah madu lokal “kele-kele” (Trigona Spp) meliputi (1) Koordinasi dan komunikasi secara partisipasif dengan kelompok sasaran untuk merumuskan program mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi ; (2) Penyuluhan teknik budidaya lebah madu “ kele-kele”  serta pelatihan  manajemen kelompok  lebah madu dan (3) Pelatihan pemindahan koloni , rancang bangun stup sistem kotak dan pendampingan budidaya lebah madu lokal “kele-kele’ (Trigona Sp) dan (4) Monitoring dan Evaluasi.  Hasil dari kegiatan ini  menunjukkan bahwa semua kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar  serta mendapat resppon yang positip dari Kepala Desa beserta jajaran aparat desanya serta kelompok lebah madu.


 


Kata kunci : Budidaya,  Lebah Madu Lokal “Kele- Kele”(Trigona Sp),  Masyarakat,  Pinggiran Hutan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-14
How to Cite
DEWANTARI, M.; SUMARDANI, N.L.G.; SURANJAYA, I.G.. PENGEMBANGAN BUDIDAYA LEBAH MADU LOKAL “KELE- KELE” (Trigona Spp) PADA MASYARAKAT PINGGIRAN HUTAN DI KECAMATAN PUPUAN KABUPATEN TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 1, feb. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/58011>. Date accessed: 22 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2020.v19.i01.p02.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>