Peningkatan Keamanan Pangan dalam Proses Produksi Keripik Singkong Pedas

  • Mardiana Mardiana
  • Intan Z

Abstract

Makanan khas Indonesia yang akrab dengan masyarakat adalah keripik singkong. Pengolahan yang berbeda akan mnambah kualitas rasa. Industri rumah tangga keripik singkong pedas 99 merupakan salah satu industri yang menggunakan bumbu alami tanpa bahan pengawet maupun penguat rasa. Pengolahan masih bersifat tradisional jika dilihat dari alat-alat yang digunakan. Saat ini pemasaran masih terbatas pada kantin-kantin rumah sakit, perusahaan, instansi pemerintah, perguruan tinggi dan sekolah. Keripik singkong pedas 99 banyak digemari oleh konsumen tetapnya karena rasa pedas asli yang khas dari cabai. Para pelanggannya berkomentar “sulit berhenti jika sudah mengkonsumsi keripik singkong pedas 99”.


Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah 1) pelatihan keamanan pangan bagi industri rumah tangga, 2) pelatihan manajemen Usaha, 3) demonstrasi pembuatan keripik singkong pedas sesuai standar resep, tangga, 4) pembuatan meja yang ergonomis


 


Kata Kunci       : keripik singkong pedas ; pelatihan ; buku saku keamanan pangan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20
How to Cite
MARDIANA, Mardiana; Z, Intan. Peningkatan Keamanan Pangan dalam Proses Produksi Keripik Singkong Pedas. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 3, aug. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/52302>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i03.p10.