SOSIALISASI INSTALASI KELISTRIKAN SWER UNTUK PENERANGAN LUAR SERTA HEMAT ENERGI LISTRIK DI DUSUN CEPAKA DESA MANIKYANG - SELEMADEG - TABANAN

  • I G N Janardana
  • I M Suartika
  • A I Weking
  • WG Ariastina

Abstract

Banjar/Dusun Cepaka merupakan salah satu banjar di Desa Manikyang, Kecamatan Selemadeg Kabupaten Tabanan dimana Desa Manikyang dengan topografi di daerah pegunungan dengan kondisi jarak antar rumah penduduk dan jarak rumah dengan lokasi usaha seperti usaha ikan, kandang ayam, kandang babi, kandang sapi berjauhan. Jarak rumah dengan lokasi kolam/kandang tersebut membutuhkan penerangan luar untuk mempermudah jangkauan tersebut. Salah satu sistem kelistrikan yang dapat dilakukan dan membutuhkan biaya murah adalah dengan sistem kelistrikan SWER(Single wire earth return) .Disamping masalah keamanan instalasi listrik pengoperasian peralatan listrik seperti lampu, peralatan elektronik sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat menggunakan listrik secara tepat agar, hemat biaya listrik. Hasil kegiatan menghasilkan beberapa masyarakat mampu dan memahami : memasang instalasi penerangan luar yang dipasang di jalan umum, mengetahui pemeliharaan instalasi listrik yang benar dan memahami umur instalasi yang sesuai standar, memahami kondisi instalasi listrik rumahnya yang telah lewat dari standar yang diijinkan oleh PUIL 2011, untuk menghindari bahaya kebakaran akibat instalasi listrik yang sudah rusak, mampu melakukan penghematan energi sesuai kebutuhan dan waktu yang tepat. Masyarakat diberikan batasan-batasan dan jenis-jenis kabel yang boleh dipergunakan.


 


Kata Kunci Instalasi, SWER, Keselamatan, Hemat Energi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
JANARDANA, I G N et al. SOSIALISASI INSTALASI KELISTRIKAN SWER UNTUK PENERANGAN LUAR SERTA HEMAT ENERGI LISTRIK DI DUSUN CEPAKA DESA MANIKYANG - SELEMADEG - TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 2, may 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/49320>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i02.p09.