PENGENALAN DAN SOSIALISASI PENERAPAN INSTALASI KELISTRIKAN SWER UNTUK PENERANGAN JALAN DI BANJAR SAMBIAN UNDAGI DESA TIMPAG, KECAMATAN KERAMBITAN, TABANAN

  • I W Rinas
  • I M Suartika
  • A I Weking
  • A A G Maharta Pemayun

Abstract

Banjar adat Sambian Undagi yang mempunyai anggota 70 KK merupakan bagian dari krama Desa Adat Sambian dan termasuk wilayah Desa Dinas Desa Timpag Kerambitan Tabanan. Karena letaknya tidak di jalur jalan raya sampai saat ini belum mendapatkan fasilitas penerangan jalan dari Pemerintah. Untuk penerangan jalan masyarakat sendiri memasang penerangan jalan dengan menyambungkan daya listrik dari balai banjar. Penyambungan membutuhkan penghantar yang panjang. Untuk penghematan penghantar akan diterapkan metode SWER. Metode SWER (Single wire earth return) hanya memerlukan satu kabel untuk menyalurkan daya listrik sehingga bisa mengurangi biaya untuk kabel ini menjadi setengahnya. Dengan grounding yang baik dan memakai stabilizer, kualitas daya listrik pada ujung SWER akan terjaga dan tetap stabil sesuai standar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-06
How to Cite
RINAS, I W et al. PENGENALAN DAN SOSIALISASI PENERAPAN INSTALASI KELISTRIKAN SWER UNTUK PENERANGAN JALAN DI BANJAR SAMBIAN UNDAGI DESA TIMPAG, KECAMATAN KERAMBITAN, TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 17, n. 3, aug. 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/44670>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2018.v17.i03.p21.