PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CAIR CUCI TANGAN DARI MINYAK KELAPA DI DESA POHSANTEN KECAMATAN MENDOYO KABUPATEN JEMBRANA

  • G.P. Ganda-Putra
  • Ni Made Wartini
  • I Made Anom Sutrisna Wijaya
  • Cokorda Anom Bayu Sadyasmara

Abstract

Masyarakat di Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana masih belum memahami proses pembuatan sabun cair cuci tangan dari minyak kelapa. Hal ini menyebabkan belum dimanfaatkannya minyak kelapa yang banyak dihasilkan di daerah tersebut  Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) memberikan penyuluhan tentang pembuatan sabun cair cuci tangan berbahan baku minyak kelapa dan (2) memberikan pelatihan dan praktek tentang langkah-langkah pembuatan sabun cair cuci tangan berbahan baku minyak kelapa, serta (3) memberikan gambaran terkait evaluasi mutu sabun cair cuci tangan dengan uji sensoris. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa: (1) penyuluhan tentang pembuatan sabun cair cuci tangan dari bahan minyak kelapa telah memberikan informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh masyarakat di Desa Pohsanten, (2) pelatihan pembuatan sabun cair cuci tangan dari bahan minyak kelapa dapat dilakukan dengan baik oleh para peserta, (3) hasil uji sensoris tingkat kesukaan produk sabun cair cuci tangan yang dihasilkan, masing-masing dengan skor untuk: warna =  6,7 (suka -  sangat suka), aroma =  6,5 (suka -  sangat suka), pembusaan = 5,8 (agak suka – suka), dan bersih (kesan kesat) = 6,4 (suka -  sangat suka).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
GANDA-PUTRA, G.P. et al. PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CAIR CUCI TANGAN DARI MINYAK KELAPA DI DESA POHSANTEN KECAMATAN MENDOYO KABUPATEN JEMBRANA. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 2, may 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/49301>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i02.p01.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>