PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN TENTANG AUDIT PEMASARAN PADA KOPERASI SIDI DESA SANUR
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN TENTANG AUDIT PEMASARAN PADA KOPERASI SIDI DESA SANUR
Abstract
Koperasi Sidi merupakan koperasi yang berada di Desa Sanur yang membawahi 14 Unit Usaha Otonom (UUO). Dalam 5 tahun terakhir kinerjanya berfluktuasi karena munculnya pesaing baru yang potensial, untuk itu diperlukan audit pemasaran. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan tentang audit pemasaran kepada manajemen dan staf Koperasi Sidi dalam mengantisipasi perubahan lingkungan dan persaingan. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan pendampingan. Ceramah tentang audit pemasaran diberikan kepada 20 orang pimpinan dan staf Koperasi Sidi. Selanjutnya dilakukan pendampingan kepada para peserta untuk mempraktekkan tentang pelaksanaan audit pemasaran di koperasi. Pelatihan dan pendampingan tentang audit pemasaran di Koperasi Sidi sudah berjalan lancar sehingga mampu meningkatkan pemahaman manajer dan staf Koperasi Sidi tentang audit pemasaran. Hasil pelatihan diharapkan dapat menghasilkan kebijakan dalam penentuan melakukan evaluasi terhadap kinerja pemasaran di Koperasi Sidi Desa Sanur. Luaran dari pengabdian ini berupa 1) model, 2) artikel yang dimuat dalam jurnal nasional ber ISSN yaitu Udayana Mengabdi dan 3) makalah yang disampaikan dalam pertemuan Nasional.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.