PENYULUHAN MANAJEMEN BAGI PENGUSAHA KECIL DI PESISIR PANTAI SANUR
PENYULUHAN MANAJEMEN BAGI PENGUSAHA KECIL DI PESISIR PANTAI SANUR
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman tentang kualitas layanan,
kualitas produk, cara penetapan harga, cara melakukan komunikasi dan pengelolaan keuangan secara
profesional kepada para pengusaha kecil yang ada di Pantai Sanur. Metode kegiatan pengabdian
masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan yaitu mendatangi satu persatu peserta pengabdian,
praktek, diskusi dan tanya jawab. Metode penyuluhan digunakan untuk menyampaikan pengetahuan secara
umum tentang kualitas layanan dan laporan keuangan perusahaan yang sederhana kepada peserta. Praktek
digunakan untuk memberikan keterampilan langsung mengenai pembuatan laporan neraca dan rugi laba yang
sederhana sehingga mereka faham dan dapat mengaplikasikan dalam kegiatan usahanya. Tanya jawab digunakan
untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh kedua metode di atas. Penyuluhan ini diikuti oleh para
pengusaha yang terdapat di Pantai Sanur sebagai subyek sasaran.
Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa kegiatan ini cukup berhasil dilakukan hal ini dapat dilihat dari: (1) peserta
yang berpartisipasi sesuai dengan target yaitu 100 persen (16 dari 16 orang pengusaha bersedia diberikan
penyuluhan) (2) hasil penyuluhan dinyatakan sangat baik sesuai dengan kuesioner yang diisi oleh peserta, (3)
Peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan yang dilihat dari keseriusan mengikuti penyuluhan, banyak
pertanyaan yang diajukan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.