PELATIHAN DASAR PEMASANGAN PERALATAN INSTALASI LISTRIK UNTUK MENCEGAH KEBAKARAN DI BR. SAMBIAN UNDAGI DS. TIMPAG KEC. KERAMBITAN-TABANAN

PELATIHAN DASAR PEMASANGAN PERALATAN INSTALASI LISTRIK UNTUK MENCEGAH KEBAKARAN DI BR. SAMBIAN UNDAGI DS. TIMPAG KEC. KERAMBITAN-TABANAN

  • C.G.I. Partha
  • I.W.A. Wijaya
  • I.G.N. Janardana
  • I.N. Budiastra
  • A. Frederika

Abstract

Kebakaran sering melanda beberapa tempat di Indonesia akibat masalah listrik, hal ini memicu kami untuk membuat pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat dapat mencegah kebakaran. Kebakaran sangat sering disebabkan oleh Instalasi listrik yang tidak baik, hampir di setiap kejadian kebakaran hal yang menjadi pemicu kebakaran adalah hubungan pendek atau konsleting listrik. Beberapa peralatan listrik yang rentan terhadap hubungan pendek seperti kabel listrik, pemakaian kabel yang tidak sesuai dengan peruntukannya menyebabkan terbakarnya lapisan pembungkus kabel. Pemasangan atau penyambungan peralatan-peralatan yang tidak memenuhi pemasangan yang benar dan tidak sesuai dengan aturan listrik ini banyak dijumpai ditempat-tempat umum dan beberapa di rumah-rumah penduduk, seperti menggunakan isolasi seadanya atau bahkan plastik yang digunakan untuk mengisolasi sambungan kabel, umur kabel yang sudah kelihatan lama dan rapuh, luas penghantar yang tidak sesuai dengan beban dari peralatan yang terpakai, pemasangan pada kotak kontak yang sangat banyak dan melebihi kapasitasnya.
Pada pengabdian ini telah dberikan Pelatihan Dasar Pemasangan Peralatan Instalasi Listrik untuk mencegah kebakaran yang sesuai dengan Persyaratan Umum Instalasi Listrik. Dari hasil pelatihan ini diharapkan masyarakat akan peduli dengan bahaya-bahaya yang diakibatkan oleh listrik terhadap manusia dan lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-23
How to Cite
PARTHA, C.G.I. et al. PELATIHAN DASAR PEMASANGAN PERALATAN INSTALASI LISTRIK UNTUK MENCEGAH KEBAKARAN DI BR. SAMBIAN UNDAGI DS. TIMPAG KEC. KERAMBITAN-TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], p. 7-``11, jan. 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36772>. Date accessed: 05 mar. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)