PENINGKATAN KUALITAS PRODUK, PERLUASAN PANGSA PASAR DAN PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA HOME INDUSTRY RENGGINANG

PENINGKATAN KUALITAS PRODUK, PERLUASAN PANGSA PASAR DAN PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA HOME INDUSTRY RENGGINANG

  • Imelda Imelda
  • Rini Sulistiawati

Abstract

Mitra dalam kegiatan IbM Home Industry Rengginang “Cita Rasa” dan Fajar Raya” yang berlokasi di Desa
Rasau Jaya I. Permasalahan mitra yaitu pada kualitas produk, ruang lingkup pemasaran dan manajemen
usaha. Metode yang digunakan yaitu melalui sosialisasi, pelatihan, penyuluhan dan pendampingan. Hasil
pelaksanaan kegiatan yaitu meningkatkan pengetahuan pemilik home industry dalam peningkatan kualitas
produk, perluasan pangsa pasar dan perbaikan manajemen usaha. Luaran yang dihasilkan meliputi: a) adanya
produk rengginang dengan ukuran (ketebalan dan diameter) yang lebih seragam, b) kemasan produk
rengginang dengan label merek, c) perluasan pangsa pasar produk rengginang di Kota Pontianak, d) adanya
media promosi bagi home industry rengginang (blogspot, kartu nama, banner dan leaflet), serta e) pemilik
home industry mampu melakukan pembukuan keuangan usaha sederhana dan mampu melakukan
perhitungan analisis usaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
How to Cite
IMELDA, Imelda; SULISTIAWATI, Rini. PENINGKATAN KUALITAS PRODUK, PERLUASAN PANGSA PASAR DAN PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA HOME INDUSTRY RENGGINANG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 1-8, sep. 2016. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/35965>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles