PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI UBI JALAR UNGU DI DESA BUKIAN, KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR MELALUI IPTEKS TEPAT GUNA

  • I.W.R Widarta
  • A.A.I.S Wiadnyani
  • N.N Puspawati

Abstract

Bukian merupakan salah satu desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar,sekitar 35 km dari Denpasar. produk pertanian yang dihasilkan di Desa Bukian adalah padi dan palawijaseperti singkong, talas, ubi jalar ungu. masalah yang dihadapi adalah pada saat panen raya, dimana harga ubijalar ungu menjadi rendah. oleh karena itu, diperlukan suatu teknik pengolahan ubi jalar ungu menjadiproduk yang lebih variatif, tahan lama serta mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi seperti: dodol, piedan bakpia. Metode pemecahan masalah yang digunakan berupa pengenalan dan pelatihan pembuatan produkolahan ubi jalar ungu, pengemasan dan manajemen pemasaran melalui kegiatan ceramah, penyuluhanpelatihan pembuatan produk olahan ubi jalar ungu serta pendampingan selama proses produksi sampaipemasaran. Hasil yang didapatkan bahwa kegiatan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan yangpembuatan produk produk olahan ubi ungu meliputi : pengolahan menjadi pia, dodol, dan pie ubi jalar unguberjalan dengan baik. KWT "Merta sari" dan "Mekar Sari" sudah mampu memproduksi produk olahantersebut dengan baik. Pengemasan dan pelabelan pada produk pun sudah dapat dikerjakan dengan baik sertadihasilkan produk dengan identitas dan penampilan yang menarik. Selain itu, jiwa kewirausahaan meningkatdikalangan ibu-ibu KWT yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraanmasyarakat Desa Bukian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-31
How to Cite
WIDARTA, I.W.R; WIADNYANI, A.A.I.S; PUSPAWATI, N.N. PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI UBI JALAR UNGU DI DESA BUKIAN, KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR MELALUI IPTEKS TEPAT GUNA. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 168-178, may 2016. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/22577>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

ubi jalar ungu, bukian, KWT, pia, pie, dodol