PENGENALAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH UNTUK IDENTIFIKASI EKOSISTEM PERAIRAN PESISIR
Abstract
Teknologi penginderaan jauh telah memasuki berbagai sector dalam analisis potensi dan perubahan lingkungan secara spasial.. Penggunaan data spasial dalam analisis lingkungan menjadi esensial, mendorong perlunya kesadaran masyarakat akan peran teknologi dalam pengelolaan lingkungan khususnya lingkungan pesisir dan laut. Berkenaan hal tersebut, penting untuk mengadopsi pendekatan edukatif guna memperkenalkan konsep ini kepada masyarakat, khsususnya pengenalan sejak dini kepada siswa-siswa sekolah menengah yang sudah mengenal teori maupun praktikum pembelajaran lingkungan dan ekosistem. Pengabdian ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dari perguruan tinggi kepada masyarakat dengan fokus pada pendidikan dini mengenai teknologi penginderaan jauh. Tujuannya adalah untuk memberikan wawasan tentang teknologi ini serta melatih keterampilan siswa dalam memanfaatkan data penginderaan jauh untuk mengidentifikasi ekosistem wilayah pesisir. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup memberikan penyampaian materi melalui ceramah dan praktik langsung kepada siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuta dan SMP Negeri 3 Kuta Selatan. Pelatihan tentang pemanfaatan teknologi penginderaan jauh untuk identifikasi ekosistem pesisir sangat efektif bagi siswa sekolah menengah. Ini membantu memperluas pengetahuan peserta mengenai perkembangan teknologi masa kini. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa peserta pelatihan berhasil meningkatkan pengetahuan tentang teknologi penginderaan jauh dan ekosistem pesisir. Dengan demikian, pendekatan edukatif ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang peran teknologi penginderaan jauh dalam pengolahan lingkungan pesisir, serta mendorong partisipasi mereka dalam upaya pelesatarian ekosistem tersebut.
Downloads
References
Fuazi, A., Amir, H. (2011). Pelatihan Penerapan Active Learning Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Fisika Di Kabupaten Pesisir Selatan.
Handayani, S., Adrianto, L., Bengen, D.G., Nurjaya, I.W., & Wardiatno, Y. (2020). Pemetaan Jasa Ekosistem Mangrove pada Wilayah Rehabilitasi di Pesisir Sayung, Kabupaten Demak. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 25(4), 574–583. doi: 10.18343/jipi.25.4.574
Jaya, I Nengah Surati. (2009). Analisis Citra Dijital: Perspektif Penginderaan Jauh Untuk Pengelolaan Dumberdaya Alam. Fakultas Kehutanan IPB. Bogor.
Kasma, U. (2019). Membangun Bisnis Berbasis Teknologi Informasi. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian. 429-38.
Latifah, N., Febrianto, S., Endrawati, H., & Zainuri, M. (2018). Pemetaan Klasifikasi Dan Analisa Perubahan Ekosistem Mangrove Menggunakan Citra Satelit Multi Temporal Di Karimunjawa , Jepara , Indonesia. Jurnal Kelautan Tropis, 21, 97–102. doi: 10.14710/jkt.v21i2. 2977
Lillesand, T. M. (2015). Remote Sensing and Image Interpretation. New York: Jhon Willey & Son .
Marlina, D. (2022). Klasifikasi Tutupan Lahan pada Citra Sentinel-2 Kabupaten Kuningan dengan NDVI dan Algoritme Random Forest. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 41–49.
Purnamasari, N. K. N., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., Suara, I. M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Tk Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Safitri, F., Suryanti, & Febrianto, S. (2019). Analisis Perubahan Garis Pantai Akibat Erosi di Pesisir Kota Semarang ( Coastline Change Analysis due to Erosion in Coastal of Semarang City ). Jurnal Ilmiah Geomatika, 25(1), 37–46.
Sundari, S., Wanto, A., Gunawan, I. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Electre Dalam Merekomendasikan Dosen Berprestasi Bidang Ilmu Komputer (Study Kasus di AMIK & STIKOM Tunas Bangsa).
Tarantang, Jefry, Annisa Awwaliyah, Maulida Astuti, dan Munawaroh. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia . Jurnal Al-Qardh 4 (1) 60-75.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.