PERENCANAAN PERSEDIAAN MATERIAL PROYEK DENGAN TEKNIK LOT-SIZING (STUDI KASUS: PROYEK PEMBANGUNAN RUSUN ASPOL SANGLAH T.36)

  • I Gusti Ngurah Oka Suputra Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Udayana, Jimbaran, Bali, Indonesia
  • Anak Agung Wiranata Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Udayana, Jimbaran, Bali, Indonesia
  • Komang Suci Nirmala Sari Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Udayana, Jimbaran, Bali, Indonesia

Abstract

Proyek Pembangunan Rusun Aspol Sanglah merupakan proyek yang terletak di Jalan Diponegoro, Desa Dauh Puri, Denpasar Bali. Rusun ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana Polresta Denpasar. Kontraktor pelaksana dari proyek ini adalah PT. Karya Nirmala dan proyek ini menggunakan anggaran dari Dipa Polresta Denpasar. Dalam pelaksanaan pembangunann Rusun Aspol Sanglah T.36 terdapat beberapa kendala yang dialami, salah satunya adalah kehabisan persediaan/stockout yang diakibatkan oleh keterlambatan suplai material. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan persediaan material untuk menghindari hal yang sama terulang kembali di kemudian hari. Perencanaan persediaan dapat dilakukan dengan menggunakan Metode Material Requirements Planning (MRP) khususnya pada teknik lot-sizing yang sekaligus dapat digunakan untuk mendapatkan total biaya persediaan yang paling minimum. Metode dari teknik lot-sizing yang digunakan adalah metode LFL (Lot-For-Lot), FPR (Fixed Period Requirements), PPB (Part Period Balancing), dan SM (Silver Meal Algorithm). Material konstruksi yang menjadi obyek penelitian ini adalah material untuk pekerjaan pembesian dan bekisting struktur lantai 1,2,3,4, dan rooftop. Hasil penelitian mendapatkan bahwa metode LFL adalah metode yang menghasilkan total biaya persediaan paling minimum yaitu sebesar Rp 9.372.475.596. Hal ini membuktikan bahwa metode LFL merupakan metode yang paling cocok digunakan pada proyek pembangunan Rusun Aspol Sanglah berdasarkan pertimbangan biaya dan keterbatasan lokasi penyimpanan persediaan di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
How to Cite
SUPUTRA, I Gusti Ngurah Oka; WIRANATA, Anak Agung; NIRMALA SARI, Komang Suci. PERENCANAAN PERSEDIAAN MATERIAL PROYEK DENGAN TEKNIK LOT-SIZING (STUDI KASUS: PROYEK PEMBANGUNAN RUSUN ASPOL SANGLAH T.36). JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 45-54, jan. 2023. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/97051>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2023.v11.i01.p06.
Section
Articles