EVALUASI KINERJA SISTEM IRIGASI BERDASARKAN PERMEN PUPR NO.12/PRT/M/2015 (STUDI KASUS: DAERAH IRIGASI TUKAD AYUNG, MAMBAL, KABUPATEN BADUNG)

  • Mawiti Infantri Yekti
  • Anak Agung Diah Parami Dewi
  • I Nyoman Suparyana

Abstract

ABSTRAK


Evaluasi kinerja sistem irigasi sangat diperlukan untuk mengetahui nilai komponen seluruh pendukung sistem irigasi yang selanjutnya digunakan sebagai referensi perbaikan. Evaluasi kinerja sistem irigasi mengacu pada Permen PUPR No.12/PRT/M/2015 Tanggal 6 April 2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi yang dikombinasi dengan sistem jaringan irigasi subak. Terdapat permasalahan di Daerah Irigasi Tukad Ayung Mambal yang memiliki luas baku 5.963 ha dengan luas lahan produktif sekitar 2.608 ha yang berkisar 44% dari luas baku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem irigasi utama dan tersier dan mengetahui strategi penanganan dalam upaya meningkatan kinerja sistem irigasnya. Untuk menganalisis permasalahan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data primer menggunakan formulir wawancara terstruktur berdasarkan penilaian kinerja sistem irigasi. Formulir ini telah dilampirkan dalam peraturan tersebut. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling untuk mengevaluasi kinerja sistem irigasi, pada sistem irigasi utama 45 responden, dan 43 responden pada sistem irigasi tersier. Wawancara juga dilakukan kepada pejabat terkait pada Dinas PUPR Provinsi Bali. Hasil analisis kinerja sistem irigasi memiliki nilai 78% untuk sistem irigasi utama, dan 71% untuk sistem irigasi tersier. Hasil ini sesuai dengan standar Permen tersebut yang memiliki kisaran nilai 70-79 dengan kategori kinerja baik. Hal ini sudah sesuai dengan hasil wawancara bahwa telah dilakukan pemeliharaan rutin dan pemeliharaan secara berkala pada DI Tukad Ayung Mambal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mawiti Infantri Yekti

Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana Denpasar

Anak Agung Diah Parami Dewi

Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana Denpasar

I Nyoman Suparyana

Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana Denpasar

Published
2020-07-30
How to Cite
INFANTRI YEKTI, Mawiti; PARAMI DEWI, Anak Agung Diah; SUPARYANA, I Nyoman. EVALUASI KINERJA SISTEM IRIGASI BERDASARKAN PERMEN PUPR NO.12/PRT/M/2015 (STUDI KASUS: DAERAH IRIGASI TUKAD AYUNG, MAMBAL, KABUPATEN BADUNG). JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 8, n. 2, july 2020. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/71095>. Date accessed: 19 apr. 2024.