ANALISIS PERILAKU THREE-SIDED ARCH SEBAGAI ALTERNATIF DARI BOX CULVERT
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku dari struktur three-sided arch (TSA) yang merupakan salah satu alternatif dari struktur box culvert (BC). Perilaku kedua struktur dibandingkan melalui pemodelan elemen hingga pada program SAP2000. Pemodelan model validasi merupakan tahap awal dalam penelitian ini, yang dibuat berdasarkan pada hasil uji laboratorium oleh peneliti lain. Hasil pemodelan validasi menunjukkan bahwa pemodelan dengan elemen frame (MFR) dan shell (MSH) lebih mendekati hasil uji laboratorium, sedangkan elemen solid (MSO) jauh berbeda sehingga tidak digunakan dalam model aplikasi. Setelah metode pemodelan valid, selanjutnya dilakukan pemodelan aplikasi BC dan TSA yang memiliki panjang bentang bervariasi. Model aplikasi yang dibuat meliputi BC dan TSA dengan bentang 4 m (BC4 dan TSA4), 5 m (BC5 dan TSA5), 7 m (BC7 dan TSA7), 9 m (BC9 dan TSA9) dan 11 m (BC11 dan TSA11) dengan tebal pelat atas 400 mm pada model BC dan 300 mm pada TSA. Deformasi kedua model dianalisis secara non-linier menggunakan pembebanan bertahap, variasi modulus elastisitas (E) dan momen inersia penampang retak (Icr). Untuk mengetahui gaya-gaya dalam lainnya, kedua model dianalisis secara linier dengan beban lalu lintas sesuai SNI 1725:2016. Berdasarkan hasil analisis, perilaku TSA lebih baik dibandingkan BC, dilihat dari deformasi TSA yang mampu menyerupai atau bahkan lebih kecil dari BC meskipun dengan ketebalan pelat atas yang 25% lebih kecil. Pada model dengan variasi bentang, struktur mampu menahan kombinasi pembebanan lajur āDā sampai dengan bentang 7 m. Untuk model bentang 9 dan 11 m, yaitu BC9, TSA9, BC11 dan TSA11 diperlukan penebalan pada pelat atas struktur.
Downloads
References
Badan Standardidasi Nasional. 2013. Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung (SNI 2847:2013). Badan Standardidasi Nasional. Jakarta
Badan Standarisasi Nasional. 2016. Pembebanan Jembatan (SNI 1725:2016).
Beaver, J. L., Gumpert, S. and Waltham, H. 2016. Introduction to Structural Design of Buried Bridges (Non-seismic). TRB Webinar
Computers and Structures. 2016. CSI Analysis Reference Manual. Computers and Structure Inc, Berkeley.
Jensen, T.J. 2012. Numerically Modeling Structural Behavior of Precast Three-Sided Arch Bridge for Analysis and Design. (Unpublished M.Sc. Thesis, Auburn University).
Kosakoy, M.N.M., Wallah, S.E., dan Pandaleke, R. 2017. Perbandingan Nilai Kuat Tarik Langsung dan Tidak Langsung pada Beton yang Menggunakan Fly Ash. Jurnal Sipil Statik. Vol. 5, pp. 383 to 392.
LimitState Ltd. 2011. Technical Note - The Influence of Arch Shape on Masonry Arch Bridge Capacity. Sheffield: LimitState Ltd.
Liu, Y. 2003. Lecture Notes: Introduction to the Finite Element Method. Cincinnati, Ohio.
Marshall. J., Anderson, J.B., Meadows, R.L., Jentsen, T.J. 2014. Full-scale Testing of Three-Sided Precast Concrete Arch Sections. Journal of Bridge Engineering. Vol. 19, (12).
Neville, A.M. 2011. Properties of Concrete. 5th Edition. Pearson Education Limited, England.
Patil, A.D. and Galatage, A.A. 2016. Analysis of Box Culvert under Cushion Loading. International Advanced Research Journal in Science, Engineering and Technology. Vol. 3 (6), pp. 163-166.
Polra, A.R., Chandresha, S.P. and Parikh, K.B. 2017. A Review Paper on Analysis and Cost-Comparison of Box Culvert for Different Aspect Ratio of Cell. International Journal of Engineering Trends and Technology (IJETT). Vol. 44, No. 2.