STUDI PARAMETRIK PADA STRUKTUR RANGKA DINDING PENGISI BERLUBANG DENGAN DAN TANPA PENGEKANG DAN APLIKASINYA DALAM PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG

  • Putu Dyah Jasmine Pradnyantari Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana
  • Made Sukrawa Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana
  • Ida Ayu Made Budiwati Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana

Abstract

Dinding pengisi dalam analisis struktur dapat dimodel sebagai strat diagonal dengan lebar strat sebagai fungsi dari modulus elastisitas, material rangka (frame) (f’c), material dinding (f’m), momen inersia kolom, sudut diagonal, dan panjang diagonal. Struktur rangka dinding pengisi berlubang (RDPB) dapat juga dimodel menggunakan shell element dan elemen frame. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh parameter yaitu, sudut diagonal, kekakuan kolom, posisi dan rasio lubang (dengan dan tanpa pengekang), f’c, dan f’m terhadap perilaku RDPB pada struktur gedung 5 lantai akibat bebani gempa. Sebanyak 37 model dibuat dengan memvariasikan parameter tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter yang sensitif dan penting untuk diperhatikan dalam pemodelan RDPB adalah mutu dinding, rasio lubang dan sudut diagonal. Penambahan pengekang berupa balok dan kolom praktis juga merupakan parameter penting yang mempengaruhi perilaku RDPB karena menghasilkan struktur yang lebih kaku dan lebih kuat. Penurunan simpangan struktur dan tegangan pada dinding masing-masing sebesar 43% dan 14%. Penambahan pengekang juga menghasilkan penurunan gaya-gaya dalam dan kebutuhan tulangan pada balok dan kolom rangka. Posisi lubang sentris dan eksentris berpengaruh sangat kecil terhadap simpangan struktur dan tegangan pada dinding sehingga tidak penting untuk dibedakan dalam pemodelan. RDPB dengan lubang eksentris menghasilkan penurunan simpangan struktur dan tegangan dinding 1% dan 0,8% lebih kecil dibandingkan dengan simpangan struktur dan tegangan dinding pada struktur dengan lubang sentris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asteris, P.G., Giannopoulos, I.P., and Chrysostomou, C.Z. 2012.Modeling of Infilled Frames with Openings.The Open Construction and Building Technology Journal 2012, pp. 81-91.
Budiwati, Sukrawa. 2017. Kinerja Struktur Rangka Beton Bertulang dengan Penambahan Dinding Pengisi Berlubang sebagai Perkuatan Seismik. Jurnal Teknik Sipil.
Computer and Structures Inc. 2007. CSI Analysis Reference For SAP 2000, ETABS and SAFE. Barkeley, USA. Dorji, J. and Thambiratnam, D.P. 2009. Modeling and Analysis of Infilled Frame Structures Under Seismic
Loads. The Open Construction and Building Technology Journal 2009, pp. 119-126.
Federal Emergency management Agency. 2000. Prestandard and Commentary for The Seismic Rehabilitation of Buildings, FEMA-356. Washington D.C.
Imran, I. dan Aryanto, A. 2009. Behaviour of Reinforced Concrete Frames In- Filled with Lightweight Materials Under Seismic Loads. Civil Engineering Dimension, Vol 11, No. 2, September 2009, 69-77.
Kakaletsis, D.J. and Karayannis, C.G. 2009. Experimental Investigation of Infilled Reinforced Concrete Frames with Openings. ACI Structural Journal. Title no. 106-S14, April 2009.
Sigmund, V. and Penava, D. 2012. Influence of Openings, With and Without Confinement, on Cyclic Response of Infilled R.C. Frames – An Experimental Study Journal of Earthwuake Engineering, 18:113-146, 2014.
Smith, B. S., & Coull, A. 1991. Tall Building Structures-Analysis and Design.John Wiley & Sons, Inc Sukrawa, M. 2015. Earthquake response of RC infillled frames with wall openings in medium-rise hotel
buildings, Procedia Engineering 125 (2015) 933 - 939.
Published
2020-05-01
How to Cite
PRADNYANTARI, Putu Dyah Jasmine; SUKRAWA, Made; BUDIWATI, Ida Ayu Made. STUDI PARAMETRIK PADA STRUKTUR RANGKA DINDING PENGISI BERLUBANG DENGAN DAN TANPA PENGEKANG DAN APLIKASINYA DALAM PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 115-124, may 2020. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/59400>. Date accessed: 27 apr. 2024.