ANALISIS RISIKO PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI YANG MENGGUNAKAN KONTRAK FIDIC DI BALI

  • Nyoman Martha Jaya Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana Denpasar
  • I Gusti Agung Adnyana Putera Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana Denpasar
  • Marlon Simanjuntak Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana Denpasar

Abstract

FIDIC Conditions of Contract merupakan suatu format standar kontrak Internasional yang memuat secara rinci kewajiban umum dari pihak contractor, Employer, dan Engineer. Kontrak FIDIC juga menyediakan tiga aturan dasar yaitu : risk sharing, variation, dan dispute resolution. Penggunaan kontrak FIDIC pada proyek konstruksi di Indonesia, tidak pasti dapat menghilangkan risiko pada saat pelaksaanaannya, kesulitan implementasi karena klausal yang komplek dan proses yang lama menjadi bagian yang mempengaruhi ketepatan mutu, waktu dan biaya ketika terjadinya perubahan kontrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko-risiko yang terjadi pada pelaksanaan proyek konstruksi gedung yang menggunakan kontrak FIDIC Condition of Contract for Construction For Building And Engineering Works Designed By The Employer 1999 (RED BOOK), untuk mengetahui dampak terhadap biaya, mutu dan waktu serta merumuskan tindakan mitigasi terhadap major risk yang ditimbulkan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan survei menggunakan kuesioner. Responden ditentukan dengan metode purposive sampling meliputi 40 responden (kontraktor, konsultan, owner representative) pada proyek gedung yang menggunakan kontrak FIDIC. Hasil penelitian menunjukkan risiko-risiko yang teridentifikasi adalah 51 risiko. Tiga belas diantaranya termasuk kategori major risk yaitu intervensi perubahan desain oleh owner, keterlambatan supplier oleh owner, pengguna Jasa tidak membayar denda, kenaikan mata uang asing, penolakan klaim akibat kenaikan harga, interpretasi baru berdampak dihapusnya klaim biaya/overhad, kekeliruan Hirarki dokumen, perencanaan yang kurang baik, spesifikasi tidak lengkap, ketatnya jadwal pelaksanaan, kegagalan Nominated SubContractor /subkontraktor, Pekerjaan provisional sum, dan hak perpanjangan waktu ditolak. Dari 13 major risk tersebut, 6 risiko diantaranya berpengaruh terhadap biaya dan waktu, 4 risiko berpengaruh terhadap biaya, satu risiko berpengaruh terhadap mutu dan waktu, satu risiko berpengaruh terhadap waktu, dan satu risiko yang berpengaruh terhadap biaya, mutu, waktu. Tindakan mitigasi terdiri dari tahap pra pelaksanaan konstruksi, perlunya koordinasi yang baik antara stake holder dalam penentuan desain dan biaya, serta pada pelaksanaan konstruksi dimana perlunya koordinasi yang baik, cepat serta terarah antara stake holder dalam melengkapi kekurangan desain atau informasi sesuai schedule kontraktor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2018. MRT Jakarta menggunakan format kontrak FIDIC. PT MRT Jakarta. Available at: https://www.jakartamrt.co.id/2018/02/24/pt-mrt-jakarta-gunakan-standar-fidic/ [Diakses: 5 November 2018].
Anonim. 2018. Proyek MRT Jakarta didanai oleh pinjaman luar negri. wikipedia. Available at: https://id.wikipedia.org/wiki/MRT_Jakarta [Diakses: 5 November 2018].
Bonenehu, F., 2008. “Analisis Klausula Kontrak Kerja Konstruksi Dengan Pendekatan Standar Kontrak FIDIC 1999 Dan UUJK RI No. 18 THN 1999 (Studi Kasus Kontrak Kerja Konstruksi Antara Pemilik Dengan Kontraktor Utama Proyek The Capital Residence)" (skripsi). Available at: URL: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123081-R210806-Analisis%20klausula-HA.pdf [Diakses: 29 Mei 2017].
Flanagan, R. and Norman, G., 1993. Risk Management and Construction. Oxford: Blackwell Science Ltd.
Godfrey, P. S., 1996. Control of Risk: A Guide to The Systematic Management of Risk from Construction. London: Construction Industry Research and Information Association.
Hansen, S., 2016. Manajemen Kontrak Konstruksi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Hardiana, I. G. N. I. C., 2015. “Pengaruh Risiko pada Proyek Perluasan Dan Renovasi Hotel Di Bali Terhadap Biaya, Mutu, Dan Waktu Pelaksanaan Proyek”(tesis), Denpasar: Program Pasca Sarjana Teknik Sipil Universitas Udayana.
Hardjomuljadi, S., 2014. Analisis “Extension of Time” dan Dampaknya pada Kontrak Konstruksi (FIDIC Conditions of Contract MDB Harmonised Edition). Available at : URL:http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_770818101272.pdf
Hikmawati, F., Metodologi Penelitian. Depok: Penerbit PT RajaGrafindo Persada
Norken, I. N., Purbawijaya, I. B. dan Suputra, I. G. N. O. 2012. Pengantar Analisis dan Manajemen Risiko pada Proyek Konstruksi. Denpasar: Udayana University Press.
Rompas, L. M., 2008. “Kajian Tentang Penerapan Kontrak FIDIC Pada Perusahaan PT.Adhi Karya (Persero) Tbk”(tesis), Jakarta: Program Pasca Sarjana Teknik Sipil Universitas Indonesia.
Sekaran, U. dan Bougie, R., 2013. Research Methods for Business. John Wiley & Sons. Ltd. Jakarta: Salemba Empat.
Suanda, B., 2008. “Pengelolaan Risiko Kontrak Terhadap Kinerja Biaya Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus PT. PP)”(tesis), Jakarta: Program Pasca Sarjana Teknik Sipil Universitas Indonesia.
Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Manajemen Pendekatan: 1.Kuantitatif, 2. Kualitatif, 3.Kombinasi (Mixed Methods), 4.Penelitian Tindakan (Action Research), 5. Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.
Trihendradi, C., 2012. Step By Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Published
2020-04-22
How to Cite
JAYA, Nyoman Martha; PUTERA, I Gusti Agung Adnyana; SIMANJUNTAK, Marlon. ANALISIS RISIKO PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI YANG MENGGUNAKAN KONTRAK FIDIC DI BALI. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 74-83, apr. 2020. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/59168>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)