Membandingkan Analisis Sentimen Review Pelanggan Shopee Dan Tokopedia Menggunakan Google's NLP API
Abstract
Dengan teknologi yang sudah sangat maju di jaman sekarang mempermudah kita manusia dalam berbelanja. Yang dulunnya kita harus berbelanja secara langsung namun sekarang kita bisa berbelanja secara online dengan E-Commerce yang ada. Transaksi e-commerce di Indonesia semakin meningkat, hal tersebut memberikan peluang pada produsen untuk memasarkan produk dan memudahkan konsumen untuk berbagi aktivitas, salah satu faktor yang sangat sering kita jumpai adalah memberikan ulasan produk. Ulasan produk berperan penting untuk membangun kepercayaan konsumen ketika menentukan keputusan dalam pembelian produk. Dengan meningkatnya jumlah ulasan, membuat calon konsumen kesulitan untuk menarik kesimpulan yang tepat. Oleh karena itu, diperlukan analisis sentimen untuk membantu calon konsumen untuk menarik kesimpulan. Analisis sentimen bertujuan untuk menyimpulkan, mengindentifikasi sentimen pada data yang ada. Disini kami akan melakukan Analisis Sentimen menggunakan Google Natural Language Processing dan membandingkan hasil ulasan applikasi Tokopedia dan Shopee pada Google Play Store