Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi MyPertamina Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes
Abstract
MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital yang di miliki oleh PT Pertamina dan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat untuk membeli beberapa produk buatan Pertamina, termasuk BBM, secara cashless atau nontunai.Tujuan dari aplikasi MyPertamina yaitu untuk mendata masyarakat yang telah membeli BBM bersubsidi. Klasifikasi sentiment bertujuan untuk mengatasai masalah ini dengan cara otomatis mengklasifikasikan ulasan dari pengguna dengan mengkelompokan menjadi ulasan positif atau ulasan negative. Dalam penelitian ini kami mempelajari sentimen pengguna aplikasi MyPertamina yang terdapat pada ulasan Google Playstore sebagai acuan untuk meningkatkan tingkat pelayanan dan kualitas aplikasi tersebut. Untuk mengklasifikasikan sentimen kami menerapkan metode Naïve Bayes. Hasil akhir yang akan dihasilkan adalah tingkat akurasi yang dicapai dalam melakukan analisis sentimen menggunakan metode Naïve Bayes.