Rancang Bangun Sistem E-Tendering Kerajinan Khas Bali Dengan Metode Hybrid Collaborative Filtering

  • I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan
  • I Wayan Rudi Eri Astawan Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana Jalan Raya Kampus Unud, Badung, 08361, Bali, Indonesia
  • Ida Bagus Made Mahendra
  • Anak Agung Istri Eka Karyawati
  • I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan
  • I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra

Abstract

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai banyak kerajinan.  Banyak peminat yang menjadikan kerajinan khas Bali sebagai souvenir maupun digunakan sendiri. Banyaknya peminat belum diimbangi dengan informasi lokasi pemesanan kerajinan khas Bali. E-tendering akan memudahkan pembeli dalam melakukan pemesanan kerajinan khas Bali. E-tendering merupakan cara pemilihan penyedia barang/jasa yang diikuti oleh semua penyedia barang/jasa yang terdaftar pada sistem pengadaan elektronik. Untuk mendapatkan hasil yang sesuwai berdasarkan spesifikasi pengguna digunakan sistem rekomendasi. Sistem rekomendasi adalah sistem yang memberikan  rekomendasi kepada pengguna dalam menemukan tempat pembuatan kerajinan khas Bali berdasarkan kriteria serta pengguna sebelumnya. Sistem rekomendasi ini dibangun menggunakan metode ICHM  (item-based clustering hybrid method) dan algoritma slope one. Sistem ini akan memberikan rekomendasi berupa tempat pemesanan kerajinan khas Bali berdasarkan rating item dan konten item. Pengujian menggunakan MAE (Mean Averange Eror) yang mendapatkan nilai kurang dari 1,000. Semakin rendah nilai MAE maka nilai rekomendasi semakin akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-08
How to Cite
ARYA KADYANAN, I Gusti Agung Gede et al. Rancang Bangun Sistem E-Tendering Kerajinan Khas Bali Dengan Metode Hybrid Collaborative Filtering. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 11, n. 1, p. 13-22, july 2022. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/86523>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2022.v11.i01.p02.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>