Pengembangan Rekomender Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi E-Commerce

  • I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra
  • I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan

Abstract

Dikembangkannya Rekomender Sistem Layanan Kesehatan bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menentukan tempat pelayanan kesehatan terbaik untuk dikunjungi. Pemilihan tempat layanan kesehatan didasarkan pada kriteria kualitas pelayanan, jarak tempuh pengguna dari tempat pelayanan dan rating dari tempat pelayanan. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana menentukan tempat layanan kesehatan terbaik dengan kriteria yang bersifat subjektif atau tidak pasti dengan cepat.


Sistem rekomendasi layanan kesehatan dibangun menggunakan metode F-AHP (Fuzzy Analytical Hierarchy Process) yakni pengembangan dari metode AHP (Analytical Hierarchy Process) yang dapat mengatasi kriteria bersifat subjektif atau tidak pasti dengan cepat. Sistem rekomendasi layanan kesehatan yang diterapkan pada perangkat mobile, memudahkan pengguna untuk mendapatkan rekomendasi tempat pelayanan kesehatan berdasarkan kriteria kualitas pelayanan, jarak tempuh dan rating tempat pelayanan, serta mencari informasi tempat pelayanan kesehatan sampai dengan menangani masalah pemesanan nomor antrian dan pembayaran.


Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem rekomendasi layanan kesehatan berbasis mobile menggunakan metode Fuzzy AHP. Maksud dari sistem rekomendasi tempat pelayanan kesehatan berbasis mobile yaitu untuk memudahkan pengguna aplikasi dalam mencari informasi tempat pelayanan kesehatan serta menentukan tempat pelayanan kesehatan terbaik yang direkomendasikan oleh sistem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-14
How to Cite
CAHYADI PUTRA, I Gusti Ngurah Anom; ARYA KADYANAN, I Gusti Agung Gede. Pengembangan Rekomender Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi E-Commerce. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 199-206, jan. 2020. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/56223>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v08.i02.p12.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>