Implementasi Rancang Bangun Sistem Informasi Survei Industri Besar dan Sedang Bulanan Badan Pusat Statistik Provinsi Bali

  • I Made Pradnyanandana Suwitra Suwitra Universitas Udayana
  • I Gede Santi Astawa

Abstract

Penggunaan komputer untuk mengolah data mentah telah diterapkan pada berbagai survei yang dilakukan oleh BPS. Namun selain itu, terdapat juga survei yang belum menggunakan sistem informasi. Salah satu survei tersebut adalah Survei IBS Bulanan. Menurut data hasil wawancara yang dilakukan dengan staff BPS Provinsi Bali, hal ini masih menyulitkan staff di tingkat provinsi untuk melakukan validasi terhadap data. Karena dengan penggunaan file excel, data yang dikirim seringkali tidak sesuai dengan persyaratan (tidak clean). Sehingga staff provinsi harus mengecek ulang data-data tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis mencoba mengembangkan sistem yang mampu menangani permasalahan pada Survei (IBS) Bulanan tersebut. Sistem ini dapat mencatat dan mengolah data jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur pada bulan tertentu secara langsung sehingga proses pengolahan data menjadi lebih efisien. Hasil yang didapatkan yaitu terbangun sebuah sistem yang mampu memenuhi kebutuhan staf BPS untuk mengentri data IBS Bulanan dan melakukan validasi sehingga data yang terentri merupakan data yang clean.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-20
How to Cite
SUWITRA, I Made Pradnyanandana Suwitra; SANTI ASTAWA, I Gede. Implementasi Rancang Bangun Sistem Informasi Survei Industri Besar dan Sedang Bulanan Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 4, p. 217-224, may 2019. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/44907>. Date accessed: 22 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v07.i04.p01.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>