ANALISIS KINERJA RIP (ROUTING INFORMATION PROTOCOL) UNTUK OPTIMALISASI JALUR ROUTING

  • Kadek Chandra Tresna Wijaya

Abstract

Jaringan adalah sekumpulan alat komunikasi yang saling terhubung satu sama lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu jaringan komputer berkembang sangat pesat. Saat ini hamper semua instansi pemerintahan membutuhkan jaringan untuk melakukan komunikasi serta pertukaran informasi. Dalam melakukan pertukaran informasi tentunya akan sering mengalami suatu permasalahan komunikasi seperti time-out ,data yang dikirimkan lambat, rusak dan bahkan tidak sampai ke tujuan karena rute yang dilalui oleh paket data yang dikirimkan terlalu jauh. Untuk mengoptimalkan kinerja router dalam mengalami status tersebut, perlu dipergunakan metode routing yang tepat. Routing Information Protocol (RIP) merupakan sebuah routing protocol yang mampu memberikan jalur rute terpendek serta rute terbaik yang dapat dilalui oleh suatu paket data yang dikirimkan sehingga dapat menghemat penggunaan bandwith, karena hop tujuan dapat dicapai dengan cepat. RIP menggunakan teknologi distance vector karena sangat efisien dalam proses pengiriman update informasi rute. Kemampuan ini membuat RIP menjadi sebuah routing protocol yang sangat stabil untuk interior routing, akan tetapi terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan RIP.Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian untuk mengetahui bagaimana kinerja RIP dalam mengoptimalkan kinerja jaringan yaitu, ping time request, angka time to live (TTL), Shortest Path, serta waktu konvergensi dari sebuah router dalam melakukan pembaharuan informasi routing.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kecepatan waktu konvergensi rata-rata dibawah 30 detik dalam pembaharuan informasi routing, RIP mampu mengoptimalkan kinerja jaringan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kadek Chandra Tresna Wijaya
Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
Published
2012-08-13
How to Cite
TRESNA WIJAYA, Kadek Chandra. ANALISIS KINERJA RIP (ROUTING INFORMATION PROTOCOL) UNTUK OPTIMALISASI JALUR ROUTING. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], aug. 2012. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/2799>. Date accessed: 27 sep. 2024.
Section
Articles

Keywords

Routing Protocol; Routing Information Protocol ;Distance Vector