Konversi Suara ke MIDI Menggunakan Short Time Fourier Transform Sebagai Virtual Midi Controller Pada Digital Audio Workstation

  • Yoel Samosir Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Suhartana
  • I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v12.i02.p24

Abstrak

Musik menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, dan permintaannya terus meningkat berkat kemajuan teknologi. Saat ini, produser musik amatir semakin banyak mengandalkan peralatan digital, seperti pengontrol MIDI, untuk menciptakan musik secara independen. Namun, pengontrol MIDI umumnya memiliki harga yang tinggi, dan tidak semua musisi memiliki kemampuan untuk memainkan alat musik piano atau keyboard.


Dalam penelitian ini, dikembangkan sebuah metode konversi suara ke format MIDI yang menggunakan teknik Short-Time Fourier Transform (STFT). Metode ini juga mengenali tingkat akurasi pendeteksian nada dan keandalan informasi yang dihasilkan. Data rekaman audio dari berbagai alat musik dan suara manusia digunakan sebagai input dalam sistem berbasis website. Proses STFT diterapkan pada sinyal audio untuk mengidentifikasi dan mengonversi nada menjadi notasi MIDI.


Hasil analisis menunjukkan bahwa metode STFT mampu menghasilkan tingkat akurasi pendeteksian nada yang cukup memadai, mencapai 24.216621%. Beberapa faktor, seperti kualitas audio, parameter STFT, dan pengaturan threshold, ternyata memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil konversi. Penggunaan audio yang berkualitas tinggi, pemilihan parameter STFT yang tepat, dan pengaturan threshold yang optimal dapat meningkatkan akurasi pendeteksian nada secara keseluruhan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-08-24
##submission.howToCite##
SAMOSIR, Yoel; SUHARTANA, I Ketut Gede; PUTRA, I Gusti Ngurah Anom Cahyadi. Konversi Suara ke MIDI Menggunakan Short Time Fourier Transform Sebagai Virtual Midi Controller Pada Digital Audio Workstation. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 12, n. 2, p. 451-458, aug. 2023. ISSN 2654-5101. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/105840>. Tanggal Akses: 18 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v12.i02.p24.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 4 > >>