Strategi promosi dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di grand clarion hotel & convention makassar

  • Syakir Abdullah Hading Universitas Udayana
  • A.A Putri Sri
  • Fanny Maharani Suarka

Abstract

ABSTRAK


Program Studi Diploma IV Pariwisata


Fakultas Pariwisata


Universitas Udayana


Program Laporan Akhir


 


  1. Nama Penulis :  Syakir Abdullah H.

  2. Judul : Strategi Promosi dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Grand                                                               Clarion Hotel & Convention Makassar

  3. Jumlah Halaman : xii + 79 hal (Ilustrasi: tabel dan gambar)

  4. Isi Ringkasan :

               


                Strategi promosi dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar sangat penting dilakukan, karena terjadinya penurunan pada tingkat hunian kamar di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar. Turunnya tingkat hunian kamar dapat berimbas pada menurunnya pendapatan hotel. Evaluasi promosi yang dilakukan oleh Sales Marketing & Public Relations bertujuan agar promosi yang dilakukan secara efektif dan tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian kamar di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan dari faktor internal, peluang dan ancaman dari faktor eksternal Grand Clarion Hotel & Convention Makassar. Merumuskan strategi dan program promosi yang dapat diterapkan.


                Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, menentukan informan pangkal dan informan kunci. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Hasil dari pembahasan diperoleh simpulan strategi promosi di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar bersumber dari advertising, personal selling, sales promotion, public relation dan puclicity serta dipengaruhi oleh faktor eksternal perusahaan.


                Strategi yang dirumuskan dalam analisis SWOT adalah strategi memperluas hubungan kerjasama; strategi memperkuat pangsa pasar yang telah ada serta mengembangkan pasar Asia; strategi menciptakan variasi produk baru; strategi menentukan pasar utama dan mengembangkan kegiatan promosi dengan bauran promosi; Strategi membuat citra positif hotel; Strategi meningkatkan kualitas pelayanan.


                Saran yang bisa diberikan adalah Sales Marketing & Public Relations dapat melakukan promosi secara efektif dan tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian kamar di Grand Clarion & Convention Makassar.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-30
How to Cite
HADING, Syakir Abdullah; SRI, A.A Putri; SUARKA, Fanny Maharani. Strategi promosi dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di grand clarion hotel & convention makassar. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 84-96, nov. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/47366>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i02.p07.