Faktor-faktor yang menentukan minat beli wisatawan surfing mancanegara terhadap pemilihan akomodasi di banjar suluban uluwatu kuta bali

  • Abdul Jabar UNUD
  • I Nyoman Jamin Ariana udayana university
  • Ni Putu Ratna Sari udayana university

Abstract

Abstrak


Salah satu destinasi yang ada di Bali yaitu Uluwatu yang terletak di Banjar Suluban Uluwatu, menjadi tempat favorit bagi peselancar untuk menjelajah ombak besar yang menantang. Banyaknya jumlah kunjungan wisatawan surfing mancanegara yang datang ke Banjar Suluban Uluwatu wisatawan dengan mudah memilih akomodasi sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pemilihan akomodasi wisatawan surfing mancanegara, untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan  minat beli wisatawan surfing mancanegara terhadap pemilihan akomodasi dan untuk mengetahui faktor dominan yang menentukan minat beli wisatawan surfing mancanegara terhadap pemilihan akomodasi di Banjar Suluban Uluwatu Kuta Bali. Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan teknik accidental sampling yang dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis desktriptif kuantitatif dan menggunakan analisis faktor. Hasil analisis faktor menunjukkan hasil rotasi faktor diperoleh 5 faktor utama yang diyakini mampu mempresentasikan 20 sub indikator yang terkandung pada masing-masing faktor tersebut. Dimana kelima faktor ini dapat menjelaskan 68,913% dari total varians yang ada. Adapun 5 faktor tersebut adalah Lokasi, Atmosphere, Lokasi, Kebersihan, Harga dan Negosiasi Harga. Berdasarkan hasil analisis faktor dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang menentukan minat beli wisatawan surfing mancanegara adalah faktor lokasi, faktor lokasi menjadi faktor yang dominan, maka perlu dilakukan penataan lokasi surfing yang lebih baik lagi, agar dapat menarik lebih banyak wisatawan surfing mancanegara untuk berkunjung ke Banjar Suluban Uluwatu.


 


Kata Kunci: Wisatawan surfing mancanegara, Banjar Suluban Uluwatu, pemilihan akomodasi dan analisis faktor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-30
How to Cite
JABAR, Abdul; ARIANA, I Nyoman Jamin; SARI, Ni Putu Ratna. Faktor-faktor yang menentukan minat beli wisatawan surfing mancanegara terhadap pemilihan akomodasi di banjar suluban uluwatu kuta bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 93-110, oct. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/34233>. Date accessed: 30 may 2024.