Rancang Bangun Sistem Visualisasi Data Monitoring Server dengan Teknologi Chatbot
Abstract
Teknologi internet yang berkembang membutuhkan sumber daya manusia untuk melakukan pengelolaan informasi yang umumnya menggunakan skema jaringan komputer client-server. Skema tersebut membutuhkan server yang bekerja memberikan layanan secara waktu nyata, namun terkadang terdapat permasalahan seperti membludaknya klien dan keadaan seperti terputusnya koneksi dan padamnya listrik. Administrator yang harus memantau keadaan server memiliki keterbatasan waktu dan tidak bisa melakukan perbaikan secara cepat apabila tidak terhubung langsung ke jaringan atau berada pada depan layar komputer. Sistem visualisasi data monitoring server dengan teknologi chatbot ditawarkan untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Metode pengambilan data monitoring menggunakan metode agentless monitoring. Pengujian sistem visualisasi data monitoring server dengan teknologi chatbot dilakukan dengan membandingkan kesesuaian data hasil monitoring. Chatbot yang dibangun dapat memberikan data monitoring server berbasis Linux dengan tingkat kesesuaian respon sebesar 29 respon sesuai dan 16 respon tidak sesuai dan rata-rata waktu eksekusi perintah yaitu 4.8 detik.
References
[2] Akhsan, A. A. dan Faizah (2017) “Analisis dan Perancangan Interaksi Chatbot Reminder dengan User-Centered Design,” Jurnal Sistem Informasi, 13(2), hal. 78–89. doi: http://dx.doi.org/10.21609/jsi.v13i2.555.
[3] Christopher, K. et al. (2022) “Analisis Dan Monitoring Layanan Internet Kepada Pelanggan Menggunakan Aplikasi Berbasis Open Source (Studi Kasus : Pt Jaya Kartha Solusindo ),” JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 3(1).
[4] Hanafi, A., Sukarsa, I. M. dan Wiranatha, A. A. K. A. C. (2017) “Pertukaran Data Antar Database dengan Menggunakan Teknologi API,” Lontar Komputer, 8(1), hal. 22–30.
[5] Khan, R. dan Khan, S. U. (2017) “Design and implementation of an automated network monitoring and reporting back system,” Journal of Industrial Information Integration, (September), hal. 1–11. doi: 10.1016/J.JII.2017.11.001.
[6] Nugroho, M., Affandi, A. dan Rahardjo, D. S. (2014) “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Jaringan Menggunakan SNMP ( Simple Network Management Protocol ) dengan Sistem Peringatan Dini dan Mapping Jaringan,” Jurnal Teknik Pomits, 3(1), hal. 35–39.
[7] Paliwahet, I. N. S., Sukarsa, I. M. dan Putra, D. (2017) “Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali menggunakan Teknologi Chatbot,” Lontar Komputer, 8(3), hal. 144–153.
[8] Piarsa, I. N. dan Togantara, S. (2012) “Sistem Monitoring Spesifikasi dan Utilitas Host di Jaringan Komputer Berbasis Web,” 3(2), hal. 179–187.
[9] Taufan Dwi Prayogo, Kushartantya, H. A. W. (2011) “Sistem Monitoring Jaringan Pada Server Linux Dengan Menggunakan Sms Gateway,” Fmipa Undip, 2, hal. 63–72. Tersedia pada: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmasif/article/view/2648/2355.
[10] Wikantyasa, I. M. A., Suarjaya, I. M. A. D. dan Raharja, I. M. S. (2021) “Design and Building Mikrotik Based Billing System and Chatbot as Media Transaction Online,” Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 9(2), hal. 165. doi: 10.24843/jim.2021.v09.i02.p07.
[11] P, E. N. S. C. dan Afrianto, I. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Bandung dengan Pendekatan Natural Language Processing. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Vol. 4, No. 1.