Rancang Bangun Sistem Ujian Online Berbasis Web

  • Adji Mochamad Nur Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa
  • I Made Sukarsa

Abstract

Pengembangan sistem ujian online pada penelitian ini dilakukan untuk melengkapi beberapa kekurangan pada aplikasi serupa yang telah ada sebelumnya seperti menambahkan variasi tipe soal pilihan ganda, esai, penjodohan dan benar-salah, rekapitulasi hasil ujian agar dapat dibagikan kepada wali siswa melalui email, serta dapat digunakan oleh berbagai lembaga pendidikan baik sekolah atau lembaga kursus lainnya. Model pengembangan sistem yang digunakan adalah Linear Sequential, dimana terdiri dari empat tahapan yaitu analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi masalah yang diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Tahap desain dibuat dalam bentuk diagram use case,  DFD (Data Flow Diagram) dan PDM (Physical Data Model). Pengkodean dalam penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel dan basis data MySQL, serta memerlukan beberapa API (Application Programming Interfaces) seperti Google Drive untuk menyimpan file materi pembelajaran, Mailtrap untuk simulasi pengiriman email dan Midtrans sebagai payment gateway bagi siswa yang mendaftar pada kelas atau program kursus. Metode black-box testing digunakan dalam pengujian sistem, dimana hasilnya adalah fitur pada ujian onilne dapat berjalan sesuai rancangan.

Published
2022-10-02
How to Cite
NUR, Adji Mochamad; PIARSA, I Nyoman; SUKARSA, I Made. Rancang Bangun Sistem Ujian Online Berbasis Web. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 1257-1269, oct. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/92273>. Date accessed: 08 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i03.p01.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.