Classification Based Association (CBA) Menggunakan R

  • Alesia Arum Frederika -
  • I Putu Agung Bayupati
  • Putu Wira Buana

Abstract

Metode baru yang digunakan untuk membuat pengklasifikasian berdasarkan aturan yang ditemukan melalui aturan asosiasi. Metode tersebut disebut dengan associative classification dan salah satu algoritma yang digunakan adalah algoritma CBA atau classification based association. Classification based Association atau yang dikenal dengan algoritma CBA merupakan salah satu algoritma yag terdapat pada metode associative classification yang merupakan strategi baru dalam pengolahan data dalam membangun model klasifikasi. Classifcation based association merupakan metode yang menggabungkan teknik data mining asosiasi dan klasifikasi pada penerapannya, dengan melakukan pengklasifikasian berdasarkan aturan asosiasi. Penelitian ini menjelaskan bagaimana classification based association atau algoritma CBA dapat diterapkan pada R.

Published
2022-04-03
How to Cite
FREDERIKA, Alesia Arum; BAYUPATI, I Putu Agung; BUANA, Putu Wira. Classification Based Association (CBA) Menggunakan R. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1013-1019, apr. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/85123>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i01.p37.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.