SENTIMENT ANALISIS ANTUSIAS MASYARAKAT TERHADAP SAMPAH PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

  • Rizki Dwi Satriya Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya
  • I Putu Agus Eka Pratama

Abstract

Perkembangan internet di negara Indonesia cukup pesat, hal ini dibuktikan dengan semakin mudahnya akses internet yang semakin banyaknya akses wireless yang ada dan tersebar, perkembangan teknologi smartphone, dan teknologi jaringan yang saat ini hampir menuju 5G membuat masyarakat lebih mudah dan lebih cepat mengakses informasi memlalui internet. Permasalahan sampah di Indonesia merupakan masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini, Sementara itu dengan bertambahnya jumlah penduduk maka akan mengikuti pula bertambahnya volume timbulan sampah yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen antusias atau pendapat masyarakat terhadap sampah plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini support vector machine (SVM). Adapun metode support vector machine memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap nilai akurasi klasifikasi. nilai akurasi yang didapatkan sebesar 82,27% sebagai nilai yang paling optimal. Tingkat akurasi tersebut didapatkan dengan jumlah data latih 1.500 kalimat dan 4 kali uji coba.

Published
2022-01-27
How to Cite
SATRIYA, Rizki Dwi; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; PRATAMA, I Putu Agus Eka. SENTIMENT ANALISIS ANTUSIAS MASYARAKAT TERHADAP SAMPAH PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 880-893, jan. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/83130>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i01.p24.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.