Implementasi QoS dengan Mikrotik untuk Manajemen Jaringan di Sekolah
Abstract
Pemanfaatan jaringan internet telah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam berbagai bidang di zaman sekarang, salah satunya di bidang pendidikan. Pemanfaatan jaringan internet di Sekolah dapat membantu mempermudah kegiatan – kegiatan dalam proses pembelajaran dan proses pelaksaan ujian berbasis online. Pelaksanaan ujian secara online memerlukan jaringan internet yang baik dan stabil serta alokasi yang rata untuk pembagian bandwidth agar semua user mendapat alokasi kecepatan internet yang merata. Sehingga, diperlukan manajemen jaringan internet di sekolah. Manajemen jaringan internet dapat dilakukan oleh beberapa perangkat, salah satunya yaitu Mikrotik. Penelitian ini akan melakukan pengujian manajemen jaringan internet menggunakan Mikrotik untuk pelaksanaan ujian secara online. Hasil manajemen jaringan akan diukur dengan parameter Quality of Service dan akan didapatkan hasil berupa throughput, delay, packet loss dan jitter dari masing – masing user yang sudah mendapat alokasi bandwidth yang merata satu sama lain.
References
[2] R. H. Syahputra, “PERBANDINGAN MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN METODE HFSC, PRIQ DAN CBQ PADA PFSENSE,” Jurnal Manajemen Informatika, vol. 11, no.1, pp. 41-49, 2020.
[3] R. Fauzi, “Management Bandwith Menggunakan Pfsense Berbasis Free BSD,” CBIS Journal, vol.7, no.2, pp. 42-50, 2019.
[4] R. Wulandari, “ANALISIS QoS (QUALITY OF SERVICE) PADA JARINGAN INTERNET (STUDI KASUS: UPT LOKA UJI TEKNIK PENAMBANGAN JAMPANG KULON – LIPI),” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol.2, no.2, pp. 162-172, 2016.
[5] A. F. Arman, E. Budiman, M. Taruk, “Implementasi Metode PCQ pada QoS Jaringan Komputer Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman,” JURTI, vol.4, no.2, pp. 100-107, 2020.
[6] A. E. P. Putu, “Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasis Open Source,” Bandung: Informatika, 2014.
[7] D. Setiawam, S. Setyowibowo, “IMPLEMENTASI QUALITY OF SERVICE DENGAN METODE QUEUE TREE PADA KAMPUS STMIK PRADNYA PARAMITA MALANG,” Jurnal Teknologi Informasi, vol.8, no.2, pp. 155-164, 2017.