Analisis dan Implementasi Strategi E-Marketing Berbasis Metode SOSTAC pada Perusahaan XYZ

  • I WAYAN KARANG YUDHA PRAWIRA UNIVERSITAS UDAYANA
  • I MADE SUKARSA UNIVERSITAS UDAYANA
  • ANAK AGUNG NGURAH HARY SUSILA UNIVERSITAS UDAYANA

Abstract

Pelanggan merupakan elemen penting bagi perkembangan sebuah perusahaan. Perusahaan harus mampu menjaga kesetiaan pelanggan lama juga mendapat pelanggan baru, dimana kegiatan ini dikenal sebagai kegiatan pemasaran. Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan untuk melakukan promosi, memperluas pasar, meningkatkan jumlah pelanggan baru, meningkatkan jumlah penjualan, serta mempertahankan loyalitas pelanggan lama. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, aktivitas pemasaran akan memiliki keunggulan dalam menghubungkan bisnis secara langsung dengan konsumen akhir secara tepat waktu, biaya rendah, dan dapat memperkuat brand emage perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa dan menyusun strategi e-marketing bagi Perusahaan XYZ. Metode SOSTAC ialah metode yang dipakai dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini merupakan penerapan strategi e-marketing bagi Perusahaan XYZ untuk dapat meningkatkan pemasaran perusahaan dan meningkatkan penjualani pada Perusahaan XYZ.


Customer is regarded as the most significant element for the development of the company. The company should keep the customers loyal and attract new customers; in other words, the most suitable term is marketing. Marketing is the most significant factor in company in promoting, expanding scope of market, increasing the number of new customers, and increasing sales, and keep the current customers loyal. With utilise technology of information, marketing would be considered excellent at directly connecting business to the customers on time, and low cost, and can strengthen the company's brand image. The purpose of this study is to analyzing and arranging e-marketing strategy for XYZ company. The method of SOSTAC was applied in this study. The results of this study is a strategy at e-marketing for the company of XYZ; therefore, marketing and sales activity of the company could be maintained.

References

[1] A. Opan, “PKM PEMBUATAN KEMASAN, PENINGKATAN PRODUKSI DAN PERLUASAN PEMASARAN KERIPIK SINGKONG DI SUBANG JAWA BARAT PKM,” Pengabdian, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2018.
[2] S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2015.
[3] I. Candra Irawan, “Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online,” J. Bus. Bank., vol. 9, no. 2, p. 247, 2020, doi: 10.14414/jbb.v9i2.1907.
[4] J. S Pasaribu and A. Taryanto, “Implementasi Strategi E-Marketing Berbasis Web (Studi Kasus: Perusahaan Katering Dan Dekorasi),” J. E-Komtek, vol. 2, no. 1, pp. 10–22, 2019, doi: 10.37339/e-komtek.v2i1.90.
[5] Z. Rifai, H. Faqih, and D. Meiliana, “Metode SOSTAC Untuk Penyusunan Strategi Digital Marketing pada UMKM Dalam Menghadapi Pandemi dan Pasca Pandemi,” vol. 9, no. 1, pp. 87–94, 2021.
[6] Y. Tresnawati, “Strategi Marketing Public Relations Pada Event Jakcloth 2014,” Ilmu Ekon. Dan Sos., vol. 4, no. 1, pp. 115–124, 2015.
[7] A. S. Herlambang, “Marketing Communication Implementation on Informal Educational Institutions ‘Seaman’s English Education Indonesia,’” J. Econosains, vol. 17, no. April, pp. 41–52, 2019.
[8] M. R. Akbar, Sarana, and A. Suwondo, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI UKM SEBAGAI SARANA PERDAGANGAN BATIK DENGAN E-MARKETPLACE DI PEKALONGAN,” vol. 01, p. 100191, 2016, doi: 10.1002/smll.201601676.
[9] A. MAS’ARI, M. I. Hamdy, and M. D. Safira, “Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 79, 2020, doi: 10.24014/jti.v5i2.8997.
[10] F. Fitria Rismawati, S. Wahyuni, and J. Widodo, “Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 13, no. 2, p. 68, 2019, doi: 10.19184/jpe.v13i2.10793.
Published
2021-11-24
How to Cite
PRAWIRA, I WAYAN KARANG YUDHA; SUKARSA, I MADE; SUSILA, ANAK AGUNG NGURAH HARY. Analisis dan Implementasi Strategi E-Marketing Berbasis Metode SOSTAC pada Perusahaan XYZ. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 625-636, nov. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/78892>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2021.v02.i03.p22.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.