IMPLEMENTASI SISTEM ROBOT VACUUM CLEANER DENGAN PENDETEKSI DEBU OTOMATIS

  • Fandy Kusumaraditya Datar Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Debu adalah partikel kecil yang bisa berasal dari aktivitas manusia atau alam, terutama dari proses produksi di industri. Debu dapat masuk ke dalam ruangan melalui ventilasi ataupun aktivitas manusia yang dominan di dalam ruangan. Hal ini menyebabkan banyak debu yang menempel di lantai rumah dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Penelitian ini menciptakan sistem robot vacuum cleaner dengan pendeteksi debu otomatis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membantu permasalahan manusia tentang cara membersihkan debu yang menempel dilantai ruangan agar efektif dan tidak membuang waktu. Robot vacuum cleaner ini dapat dijalankan menggunakan mode manual atau otomatis. Pada penelitian ini menggunakan metode waterfall. Metode waterfall dianggap sangat baik karena prosesnya semakin terperinci dan setiap tahapannya diperiksa ulang selama pengujian sistem. Pada metode waterfall, pengembangan sistem sangat terstruktur karena setiap fase harus diselesaikan sepenuhnya sebelum beralih ke fase berikutnya, sehingga setiap tahap memiliki dokumen terkait yang spesifik. Alat-alat yang digunakan pada penelitian ini adalah arduino uno, ESP32-CAM, sensor HC-SR04, sensor debu, sensor infrared, driver motor L293D, motor DC, Baterai, GPIO extander


16 channel. Hasil dari penelitian ini adalah dapat membangun dan mengembangkan robot vacuum cleaner dengan pendeteksi debu otomatis dan melakukan pengujian robot vacuum cleaner dengan pendeteksi debu otomatis.

Published
2024-07-12
How to Cite
DATAR, Fandy Kusumaraditya; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; WIBAWA, Kadek Suar. IMPLEMENTASI SISTEM ROBOT VACUUM CLEANER DENGAN PENDETEKSI DEBU OTOMATIS. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 2177-2189, july 2024. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/117944>. Date accessed: 27 sep. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.