ANALISIS USABILITY APLIKASI DALAM MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN. (STUDI KASUS: APLIKASI MADE IN BALI)
Abstract
Made In Bali Merupakan aplikasi mobile yang digunakan sebagai tempat untuk mewadahi UKM dan IKM di Bali memasarkan dan menjual produknya. Evaluasi terhadap aplikasi Made In Bali dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas penggunaan dan informasi terhadap aplikasi Made In Bali. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pendekatan User Centered Design dan menggunakan proses evaluasi usability di dalam prosesnya. Tahapan dalam User Centered Design adalah memahami dan menspesifikan konteks pengguna (Specify the context of use), menspesifikan kebutuhan pengguna (Specify user and organization requirements), membuat desain solusi (Produce design solution) dan evaluasi desain solusi Evaluate design against user requirement. Metode Usability Testing dipergunakan untuk mengevaluasi pengguna aplikasi berdasarkan hasil pengamatan kepada pengguna, perbaikan berdasarkan masalah yang ditemui saat usability testing disesuaikan dengan Google Material Design yang digunakan sebagai guidelines. Hasil dari penelitian ini adalah desain solusi dengan pendekatan User Centered Design yang memiliki nilai usability yang lebih baik dari aplikasi Made In Bali sebelumnya.
References
[2] Audi, M., Rokhmawati, R. I., & Az-zahra, H. M. (2018). Analisis Aspek Usability dan User Experience Website dan Aplikasi Mobile Radio Streaming ( Studi Pada Website dan Aplikasi Mobile Radio Prambors ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(12), 6391–6400.
[3] Danilo Gomes de Arruda. (2021). analisis dan perancangan UI/UX dengan metode user centered design pada website DLU FERRY. 6.
[4] Diah Indrayani, I. G. A. A., Bayupati, I. P. A., & Putra, I. M. S. (2020). Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 8(2), 89. https://doi.org/10.24843/jim.2020.v08.i02.p03
[5] Ginting, L. M., Sianturi, G., & Panjaitan, C. V. (2021). Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11(2), 146–157. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i2.5480
[6] Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). JUISI, 02(01).