ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA PEMBANGUNAN PROYEK PERUMAHAN DENGAN METODE DISCOUNTED CASH FLOW (Studi Kasus: Proyek Perumahan Green Imperial Putra Residence)

  • Made Adhi Krisnawan Alumni Teknik Sipil, Universitas Udayana
  • I Putu Dharma Warsika Dosen Teknik Sipil, Universitas Udayana
  • Mayun Nadiasa - Dosen Teknik Sipil, Universitas Udayana

Abstract

Pelaku pengembang atau developer dalam bidang bisnis property selalu berorientasi untuk mendapatkan keutungan yang maksimal dengan modal yang minimum. Maka dari itu, penyediaan modal kerja harus benarbenar diperhitungkan agar tersedia sesuai dengan kebutuhan. Modal kerja dapat berasal dari modal sendiri maupun pinjaman bank. Berdasarkan hal tersebut diatas permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah mengetahui berapakah modal kerja yang dibutuhkan pada Proyek Pembangunan Perumahan Green Imperial Putra Residence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Discounted Cash Flow atau yang sering disingkat dengan nama Metode DCF. Mekanisme teknis memakai metode Discounted Cash Flow diartikan sebagai aliran dana diskonto (arus kas masuk dan kas keluar) dengan aliran dana ini merupakan penjumlahan antara arus kas keluar dan kas masuk yang berkaitan dengan nilai waktu dari uang. Analisis yang digunakan yaitu Rencana Anggaran Biaya, Schedule Penjualan, Time Schedule, Jadwal Kebutuhan Biaya Proyek. Kemudian dianalisis Pinjaman Bank untuk mendapatkan jumlah Modal Kerja, Rencana Penerimaan Dana, Aliran Kas (Cash Flow), Penyusunan Laporan Keuangan setiap bulan yang terdiri dari laporan perubahan modal, laporan rugi laba, dan neraca. Selanjutnya analisis kelayakan dengan metode Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), dan Internal Rate of Return (IRR). Dari hasil analisis, Modal Kerja yang dibutuhkan pada proyek sebesar Rp 15.482.680.482,66. Yang berasal dari modal sendiri sebesar Rp.6.028.560.000, 00. Modal dari pinjaman bank sebesar Rp 9.454.120.482, 66. Perhitungan investasi menandakan proyek ini layak dengan nilai NPV yang diperoleh adalah Rp 12.685.319.867.94 > 0 , nilai BCR 1,154 > 1 dan Nilai IRR yang terlalu tinggi dikarenakan perbandingan aspek bene t dengan aspek cost yang besar sehingga tidak didapatkan nilai NPV negative.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-11
How to Cite
KRISNAWAN, Made Adhi; WARSIKA, I Putu Dharma; -, Mayun Nadiasa. ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA PEMBANGUNAN PROYEK PERUMAHAN DENGAN METODE DISCOUNTED CASH FLOW (Studi Kasus: Proyek Perumahan Green Imperial Putra Residence). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], jan. 2015. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/24182>. Date accessed: 03 july 2024.

Keywords

Modal kerja, Discounted Cashflow, Analisis kelayakan.