Sentimen Analisis Pengguna Media Sosial Berdasarkan Metode Ekstraksi Fitur dan Klasifikasi

  • Fathiyarizq Mahendra Putra Universitas Gadjah Mada
  • Pahlevi Wahyu Hardjita Universitas Gadjah Mada
  • Dyah Aruming Tyas Universitas Gadjah Mada

Abstract

Analisis sentimen adalah gabungan dari berbagai bidang penelitian seperti NLP (natural language processing), data mining, dan text mining dengan tujuan untuk menemukan pendapat orang yang diungkapkan dalam bentuk teks. Terdapat beberapa tugas dalam analisis sentimen seperti ekstraksi sentimen, klasifikasi sentimen, peringkasan, Terdapat beberapa tantangan dalam melakukan analisis sentimen antara lain sinonim dan polisemi, sarkasme, kalimat majemuk, data tidak terstruktur, Tujuan penulisan ini adalah mereview penelitian lain mengenai Sentimen Analisis berdasarkan dataset, seleksi fitur, dan algoritma klasifikasi dan juga penggunaan multilabel pada sentimen analisis, serta evaluasi hasil akurasi, untuk mendapatkan pendekatan terbaik terhadap pemilihan metode yang digunakan dalam melakukan pemrosesan penambangan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-28
How to Cite
PUTRA, Fathiyarizq Mahendra; HARDJITA, Pahlevi Wahyu; TYAS, Dyah Aruming. Sentimen Analisis Pengguna Media Sosial Berdasarkan Metode Ekstraksi Fitur dan Klasifikasi. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 9, sep. 2023. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/94587>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIK.2023.v16.i02.p02.