Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier Untuk Mendeteksi Minat Beli Pelanggan Terhadap Produk Paket Internet

  • Saifur Rohman Cholil Universitas Semarang
  • Swi Indriyaningtyas Universitas Semarang
  • Aji Bagus Prasetya Universitas Semarang
  • Rodhiyatu Robbi Al Marjuwah Universitas Semarang

Abstract

AM Cell merupakan salah satu unit bisnis yang bergerak di bidang penjualan kartu perdana internet yang bertahan dalam persaingan di Kabupaten Jepara. AM Cell menawarkan berbagai jenis dan harga paket Internet, namun tidak mengetahui seberapa besarnya minat konsumen terhadap paket internet tersebut. Hal ini akan memungkinkan konsumen beralih ke perusahaan usaha serupa yang menurut konsumen paling menguntungkannya. Sehingga penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai minat beli konsumen terhadap produk paket internet di AM Cell, mendeteksi dengan algoritma Naïve Bayes Classifier pada usaha penjualan paket Internet dan klasifikasi terkait deteksi minat beli pelanggan terhadap penjualan paket Internet. Berdasarkan data penjualan paket internet pada bulan Juni 2021, metode Naïve Bayes dapat mengklasifikasikan 52 data produk  paket internet dengan 986 data transaksi sebagai data training dan 52 data produk internet dengan 422 data transaksi sebagai data uji. Sehingga untuk mengetahui minat beli pelanggan paket internet didapatkan hasil dari perhitungan Naïve Bayes menggunakan software RapidMiner dengan akurasi sebesar 78.85%. Sedangkan, perhitungan Naïve Bayes menggunakan software Microsoft Excel memperoleh hasil akurasi sebesar 88%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-30
How to Cite
CHOLIL, Saifur Rohman et al. Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier Untuk Mendeteksi Minat Beli Pelanggan Terhadap Produk Paket Internet. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 1-7, sep. 2022. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/77632>. Date accessed: 26 apr. 2024.