PERBANDINGAN KLASIFIKASI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) KABUPATEN/KOTA DI PULAU JAWA TAHUN 2019

  • Dayu Sita -

Abstract

Pembangunan merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur hasil pembangunan adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Komponen-komponen IPM terdiri dari tiga bidang, yaitu bidang pendidikan, kependudukan, dan kesehatan. Pulau Jawa merupakan salah satu wilayah yang berada di Kawasan Barat Indonesia yang didominasi adanya pembangunan infrastruktur. Dengan adanya pembangunan tersebut diharapkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih sejahtera sehingga kualitas sumber daya manusia menjadi lebih baik.  Akan tetapi, antarwilayah di Pulau Jawa memiliki kualitas sumber daya manusia yang bervariasi. Hal tersebut dikarenakan terdapat tidak meratanya pembangunan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah K-Nearest Neighbor dan Support Vector Machine yang bertujuan untuk membandingkan akurasi klasifikasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten/kota di Pulau Jawa tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan metode yang lebih baik adalah Support Vector Machine dengan parameter terbaik yang digunakan yaitu kernel-linear, gamma sebesar 1, dan cost sebesar 5. Akurasi yang dihasilkan adalah sebesar 88,89 persen dengan nilai AUC sebesar 0,870.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-29
How to Cite
SITA, Dayu. PERBANDINGAN KLASIFIKASI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) KABUPATEN/KOTA DI PULAU JAWA TAHUN 2019. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 8-21, apr. 2022. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/68565>. Date accessed: 29 sep. 2022.
Section
Articles