IMPLEMENTASI LOAD BALANCE PADA JARINGAN MULTIHOMING MENGGUNAKAN ROUTER DENGAN METODE ROUND ROBIN

  • I Made Widhi Wirawan Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana

Abstract

Jaringan multihoming merupakan suatu sistem jaringan yang memiliki jalur keluar lebih dari satu. Load balance dengan metode Round Robin yaitu menggunakan kedua gateway secara bersamaan dengan membagi beban secara berurutan dan bergiliran. Pada perancangan sistem ini digunakan dua buah modem GSM sebagai koneksi internet. Berdasarkan perancangan sistem yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Load Balance pada jaringan Multihoming menggunakan Router dengan metode Round Robin merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membagi beban traffic dari client pada beberapa koneksi internet dan bisa sebagai backup/failover ketika salah satu koneksi internet mengalami gangguan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-04-01
How to Cite
WIRAWAN, I Made Widhi. IMPLEMENTASI LOAD BALANCE PADA JARINGAN MULTIHOMING MENGGUNAKAN ROUTER DENGAN METODE ROUND ROBIN. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2011. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/6490>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Load balance, Router; Round Robin