Analisis dan Implementasi Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer (LJK) dengan Algoritma Perceptron

  • I Wayan Haris Apriyana Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Abstract

Citra adalah suatu fungsi kontinu dari intensitas cahaya dalam bidang dua dimensi. Informasi pentingyang terdapat pada citra dapat diolah dengan mengekstraksi citra tersebut dan dilakukan proses analisis danklasifikasi secara tepat memanfaatkan algoritma perhitungan komputer. Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer(LJK) Silang merupakan salah satu kasus yang paling berpotensi digunakan dalam sistem pengolahan citra.Keunikan dan kestabilan karakteristik pola yang terdapat dalam opsi jawaban LJK dapat digunakan sebagaibahan pengenalan pola.Pada penelitian ini dibangun perangkat lunak pemeriksaan LJK silang menggunakan pengenalan polapada opsi jawaban LJK dengan data bobot yang didapatkan dari pembelajaran algoritma Perceptron. Citra LJKyang menjadi citra input akan diubah menjadi citra hitam putih melalui proses thresholding, lalu dicekkemiringan LJK karena LJK harus tegak lurus. Kemudian dicari posisi masingmasingopsi jawaban tiap nomorpada LJK. Proses mengekstraksi fitur citra tiap opsi jawaban LJK menggunakan metode transformasi HaarWavelet untuk menghasilkan kombinasi koefisien LL4, HL4, LH4, dan HH4 yang digunakan sebagai input padaalgoritma Perceptron.Hasil penelitian yang diperoleh dari 110 kali pengujian LJK adalah perangkat lunak pemeriksaan LJKsilang mampu memeriksa 103 LJK yang nilainya sama dengan pemeriksaan secara manual, dan 7 LJK tidaksesuai dengan pemeriksaan secara manual sehingga persentase ketepatan pemeriksaan LJK sebesar 93.63% danpersentase pengenalan 45 pola sebesar 91.11%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-04-01
How to Cite
APRIYANA, I Wayan Haris. Analisis dan Implementasi Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer (LJK) dengan Algoritma Perceptron. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 6, n. 1, apr. 2013. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/6485>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Pengolahan Citra; Transformasi Haar Wavelet; Algoritma Perceptron; Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer Silang