IMPLEMENTASI HIGH-AVAILABILITY VPN CLIENT PADA JARINGAN KOMPUTER FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS UDAYANA

  • Putu Topan Pribadi Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Abstract

Ketersediaan data/layanan sangat dibutuhkan, terutama bagi perusahaan-perusahaanyang sangat membutuhkan data-data ataupun layanan yang bersifat sangat penting. Apabilaterjadi kerusakan data ataupun layanan, sangat dibutuhkan adanya server cadangan.Sesuai dengan dasar teori dari teknologi High-Availability, yaitu ilmu untukmenciptakan redundansi dalam setiap sistem dan subsistem untuk memastikan bahwa layanantetap up dan tersedia. Sehingga dapat dianalogikan dalam implementasi, bila satu server gagalmelayani service tertentu, maka tugas server tersebut otomatis akan dilempar ke server lainnya.HA akan diimplementasikan pada layanan VPN Client yang bertujuan untukmemastikan koneksi VPN tetap hidup, agar administrator dapat lebih mudah me-monitoringjaringan dari luar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-04-01
How to Cite
PRIBADI, Putu Topan. IMPLEMENTASI HIGH-AVAILABILITY VPN CLIENT PADA JARINGAN KOMPUTER FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS UDAYANA. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 6, n. 1, apr. 2013. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/6482>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Cluster Computing; High-availability; Failover; Heartbeat, VPN; OpenVPN