Perbandingan Metode Artificial Neural Network (ANN) dan Support Vector Machine (SVM) untuk Klasifikasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia

  • Pardomuan Robinson Sihombing Badan Pusat Statistik, Unpad

Abstract

Indikator kinerja Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang dapat digunakan untuk memberikan gambaran tingkat keberhasilan kegiatan pengelolaan PDAM. Tingkat keberhasilan pengelolaan PDAM ini diukur melalui proses penilaian terhadap kinerja PDAM yang didasarkan pada indikator kinerja penyelenggaraan pengembangan SPAM meliputi: aspek keuangan, operasional, pelayanan pelanggan dan sumber daya manusia sesuai dengan ketentuan di dalam Pasal 59 Permen PU No. 18/PRT/M/2007. Berdasarkan aspek dan indikator diatas, PDAM dapat memprediksikan kinerja mereka untuk tahun berjalan. Namun butuh banyak indikator perhitungannya cenderung rumit dan memerlukan audit internal PDAM terlebih dahulu yang mana membutuhkan waktu banyak. Dalam penelitian ini bertujuan membuat model dari algoritma Artificial Neural Network (ANN) dan Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan kinerja PDAM berdasarkan indikator terpilih. Hasil penelitian perusahaan dapat menggunakan model klasifikasi ANN untuk memprediksi kinerja perusahaan di tahun berjalan dengan menggunakan 3 atribut yaitu Rasio Operasi, Jam Operasi Layanan/hari, dan Rasio Jumlah Pegawai/1000 pelanggan dengan tingkat akurasi keseluruhan 80.00% dan tingkat presisi prediksi untuk kinerja Tidak Sehat sebesar 86.36%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-28
How to Cite
SIHOMBING, Pardomuan Robinson. Perbandingan Metode Artificial Neural Network (ANN) dan Support Vector Machine (SVM) untuk Klasifikasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 9-20, apr. 2020. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/58970>. Date accessed: 13 july 2020.