Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Pegawai Baru PT.PLN (Persero) Wilayah Aceh Dengan Metode Heuristik

  • Ira Zulfa STT PLN
  • I Nyoman Tri Anindia Putra STIMIK STIKOM INDONESIA

Abstract

 Sistem pendukung keputusan (Decision Support Systems) disingkat DSS adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.


Heuristik dapat dijelaskan sebagai pengembangan berbagai aturan untuk membantu memecahkan masalah-masalah rumit atau sub masalah final dengan menemukan jalur yang paling menjanjikan dalam mencari solusi dan cara-cara mendapatkan dengan menginterpretasi informasi yang senantiasa berubah kemudian mengembangkan metode-metode yang memimpin kepada satu algoritma komputasional atau solusi umum.


Metode ini dipilih karena akan melakukan pencarian terhadap solusi yang cukup baik melalui serangkaian aturan (rules) yang akan dibentuk dengan format IF anteseden THEN. Konsekuen anteseden berisi aksi atau kondisi atau fakta yang terjadi konsekuen berupa reaksi yang dilakukan, jika aksi terjadi atau kondisi bernilai benar, adalah untuk menentukan pelamar mana yang pantas dipilih yang akan mengikuti tahapan tes berikutnya, berdasarkan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap siapa saja pelamar yang berhak mengikuti tahap tes berikutnya untuk menjadi pegawai baru PLN.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-01
How to Cite
ZULFA, Ira; PUTRA, I Nyoman Tri Anindia. Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Pegawai Baru PT.PLN (Persero) Wilayah Aceh Dengan Metode Heuristik. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 109-120, oct. 2018. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/41737>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/jik.2018.v11.i02.p06.