SISTEM PENGENALAN KAIN ENDEK KHAS BALI BERDASARKAN FITUR TEKSTUR

  • I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan penelitian pada periode sebelumnya yang telah berhasil melakukan rekonstruksi citra kain Endek berdasarkan fitur tekstur. Dalam penelitian ini telah berhasil dibangun sistem pengenalan citra kain Endek khas Bali. Dalam upaya membangun suatu platform pengembangan sistem perolehan citra warisan budaya seperti citra batik dan lukisan, diperlukan suatu pendekatan yang handal. Dengan memanfaatkan Keyblock yang merupakan generalisasi sistem temu kembali berbasis konten pada domain citra. Codebook dibangun berdasarkan pengelompokan nilai keyblock yang mewakili karakteristik citra pada data, kemudian digunakan untuk proses encoding dan decoding. Proses encoding merupakan upaya untuk merepresentasikan setiap sub area pada citra kain Endek dengan suatu nilai indeks yang sesuai dengan codebook. Citra hasil encoding berubah menjadi bentuk matrik 1-dimensi, bentuk ini merupakan analogi dari keyword pada sistem pencarian informasi berbasis teks. Sebanyak 60 citra kain Endek dilibatkan dalam penelitian ini, dengan 40 citra sebagai citra pelatihan dan 20 citra sebagai citra uji.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Gusti Agung Gede Arya Kadyanan, Universitas Udayana

Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Published
2016-09-01
How to Cite
ARYA KADYANAN, I Gusti Agung Gede. SISTEM PENGENALAN KAIN ENDEK KHAS BALI BERDASARKAN FITUR TEKSTUR. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 9, n. 2, sep. 2016. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26901>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

keyblock; vektor quantization; codebook; Generalized Lloyd Algorithm; kain Endek