Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi dan Jalur Bus Trans Sarbagita Di Denpasar dan Badung

  • Made Agung Raharja Universitas Udayana

Abstract

Kota Denpasar merupakan daerah yang strategis karena diapit oleh beberapa objek wisata yang terkenal di bali dan pusat perkantoran. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke bali, terjadi permasalah kemacetan di jalan-jalan seluruh Denpasar dan sekitarnya. Pemerintah Denpasar memutuskan untuk membuat trnasportasi masal yang disebut dengan Bus Trans Sarbagita. Berdasarkan pemaparan permasalah diatas maka dibangun sebuah aplikasi sistem informasi geografis. Aplikasi ini adalah memetakan beberapa tempat yang cocok untuk memebangun halte bus trans Sarbagita serta menentukan rute atau jalur yang akan digunakan bus trans Sarbagita lalui. Diharapkan dengan aplikasi ini nantinya akan membantu pemerintah dalam menentukan tempat pembangunan bus trans Sarbagita serta jalur yang akan dilalui bus trans Sarbagita. Analisis, Perancangan dan Implementasi penelitian ini menggunakan aplikasi ArcView 3.3 dan melaui beberapa tahapan yaitu input data baik spasial maupun data atribut, proses pengolahan yang berupa tabel dan peta. Analisis dengan menggunakan aplikasi ArcView 3.3 memeiliki beberapa keunggulan yaitu dapat mengetahui jumlah penumpang pada halte sesuai periode yang diinginkan, dan dapat mengetahui apakah halte tersebut layak atau tidak layak dikembangkan. Dalam analisis ini terdapat beberapa daerah yang layak dibangun atau dikembangkan halte maupun jalurnya dilihat atau dianalisis dari kepadatan penduduk dan profesi dari penduduk pada daerah tersebut. Daerah yang halte dan jalur trans sarbagita layak untuk dikembangkan adalah daerah Denpasar Selatan. Karena sesuai hasil pengolahan data, daerah tersebut memiliki laju kepadatan penduduk yang sangat cepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Made Agung Raharja, Universitas Udayana
Prodi Teknik Informatika Jurusan Ilmu Komputer Universitas Udayana
Published
2016-04-01
How to Cite
RAHARJA, Made Agung. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi dan Jalur Bus Trans Sarbagita Di Denpasar dan Badung. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 9, n. 1, apr. 2016. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26782>. Date accessed: 30 may 2024.
Section
Articles

Keywords

SistemInformasiGeografis; Sarbagita